Masyarakat Diharap Cermat Pilih Sanitizer

MY
Oleh Muhammad Yusuf Agam
Senin 30 Maret 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menyarankan masyarakat untuk menggunakan sabun sebagai alat cuci tangan untuk mencegah penularan Covid-19. Penggunaan hand sanitizer adalah opsi bila tidak ada sabun untuk cuci tangan.

"Cuci tangan dengan sabun dengan air mengalir adalah yang paling ampuh untuk membunuh virus, apabila tidak ada opsi gunakan hand sanitizer dengan bijak dan aman," ucap Prof Wiku dalam konferensi pers di Graha BNPB yang dilive streaming, Senin (30/3/2020).

Wiku mengatakan cuci tangan dengan sabun dengan air mengalir ampuh untuk membunuh virus Corona. Penggunaan hand sanitizer diminta juga tidak berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

"Penggunaan cairan antiseptic dalam bentuk hand sanitizer dapat digunakan namun dengan penggunaan yang tidak berlebihan agar tidak menyebabkan iritasi kulit," ujarnya.

Apalagi bila penggunaan hand sanitizer oleh masyarakat yang perokok. Sebab, bahannya mudah terbakar maka perlu kehati-hatian.

"Harus berhati hati karena mengandung bahan yang mudah terbakar, utamanya bagi yang merokok, atau sedang bekerja di dapur," ucapnya.

Adapun masyarakat juga harus cermat memilih hand sanitizer yang sesuai standar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hal ini untuk mencegah peredaran hand sanitizer yang asal-asalan di tengah wabah Virus Corona.

"BPOM telah mengeluarkan surat edaran tentang cara pembuatan hand sanitizer sesuai anjuran WHO. Bahan-bahannya adalah ethanol 96 persen, glisroll 98 persen, hidrogen peroksida 3 persen, air steril atau aquades," jelasnya. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA