WHO: Penularan Covid-19 Bukan Melalui Udara

MY
Oleh M Yusuf Agam
Senin 30 Maret 2020
share
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menegaskan penularan Virus Corona atau Covid-19 tidak melalui aribone atau udara. Penularan penyakit ini adalah melalui droplet atau percikan air liur saat seseorang batuk atau bersin.

"Virus yang menyebabkan covid-19 utamanya adalah droplet yang tertransmisi ketika seseorang yang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara. Droplet ini tidak akan bertahan lama di udara. Mereka dengan cepat jatuh ke lantai atau permukaan," demikian keterangan WHO dikutip dari akun instgram resminya @WHO, Senin (30/3/2020).

WHO dalam keterangan itu menyampaikan bahwa seseorang bisa terkena virus akibat percikan droplet itu bila tak menjaga jarak minimal 1 meter. Atau bila orang tersebut menyentuh permukaan benda lalu mengusap bagian wajah akibat droplet yang dikeluarkan oleh seseorang yang sakit.

"Anda dapat terinfeksi dengan menghirup virus jika Anda berada dalam jarak 1 meter dari seseorang yang terinfeksi covid-19, atau dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata Anda, hidung, atau mulut sebelum mencuci tangan," ucap WHO.

Untuk itu, WHP menghimbau menjaga jarak lebih dari 1 meter dengan orang lain penting dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Selain itu penyemprotan cairan disinfektan harus dilakukan di permukaan benda yang sering orang sentuh.

Kemudian mencuci tangan sebelum menyentuh wajah seperti mulut, dan hidung.

"Untuk melindungi diri Anda, jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain dan berikan disinfektan pada permukaan yang sering Anda sentuh. Bersihkan tangan Anda secara teratur dan hindari menyentuh mata, mulut dan hidung," tulis WHO. [adc]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA