Sempat Ditolak Warga

Jenazah Positif Corona Akhirnya Dimakamkan

IN
Oleh inilahcom
Selasa 31 Maret 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Lampung - Pasien positif corona pertama yang meninggal di Lampung akhirnya bisa dimakamkan di Batu Putuk Telukbetung Utara, Kota Bandarlampung, pukul 17.30 WIB.

Pemakaman tersebut bisa dilakukan usai dibantu sembilan anggota TNI AD. Sebelumnya, warga sempat menolak pemakaman MISF (35) sejak siang.

Pemakaman pasien virus corona nomor 02 itu dilakukan oleh personel Satpol PP dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung.

Kepala Dinas Kesehatan Bandarlampung, Edwin Rusli mengatakan, lubang galian jenazah pasien nomor 02 tersebut cukup dalam sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Saat pemakaman, hadir Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdraprov) Lampung, Fahrizal Darminto, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung dr. Edwin Rusli, dan sejumlah uspika.

Berdasarkan prosedur yang berlaku, seharusnya jenazah dimakamkan maksimal empat jam setelah meninggal. Namun hingga magrib, KKP Kelas II Panjang belum mendisinfeksi ambulan jenazah yang mengangkut korban meninggal dengan disinfektan standar tinggi.

Kapolsek Teluk Betung Timur, Kompol Faisol Syah membenarkan sempat terjadi penolakan oleh warga. Sejak kedatangan mobil ambulans yang membawa jenazah, aparat rukun tetangga dan warga lokasi pemakaman menolak pemakaman di Kelurahan Batu Putuk, Kecamatan Telukbetung Utara itu.

Warga setempat menolak pemakaman MISF (35), warga Perumahan Alam Surya, Jl. Karimun Jaya, Kecamatan Sukarame, Kota Bandarlampung karena para petugas yang membawa jenazah tidak koordinasi lebih dulu dengan warga. Warga beralasan, daerahnya merupakan kawasan resapan air.

Berlokasi jauh dari permukiman dan dikelilingi perkebunan, dekat jembatan dari PDAM Wayrilau menuju Bumi Kedaton, pemakaman dilakukan oleh beberapa petugas pemakaman yang menggunakan pakaian alat perlindungan diri (APD) lengkap.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA