Catatan PAN Untuk Penanganan Corona Indonesia

IS
Oleh Ivan Setyadi
Rabu 01 April 2020
share
Juru Bicara PAN Widdi Aswindi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung pemerintah yang mengambil kuputusan memberikan stimulus kepada masyarakat yang mengalami dampak korona.

Walaupun tetap menekan pemerintah untuk lebih cepat dan tanggap lagi dalam menekan penyebaran korona, serta meningkatkan dan memberikan ruang agar orkestra penanganannya lebih baik lagi.

"Memberikan beberapa catatan mendasar terutama dalam hal kehatian2an penggunaan kebijakan defisit anggaran sampai dengan 5%. Terutama karena defisit ini akan mengakibatkan hutang baru sekitar kira2 830T per tahun yang dalam rencana pemerintah akan dilakukan selama tiga tahun anggaran (2020-2021-2022)," kata Juru Bicara PAN Widdi Aswindi lewat keterangan pers, Rabu (1/4/2020).

PAN memberi catatan terutama adalah mengedepankan efiensi penggunaan, sedemikian hingga defisit harus dijaga sebisa mungkin tidak mencapai 5% dan memperhatikan upaya2 serius untuk menjadikan budget pemerintah stimulus pertumbuhan ekonomi.

"Dalam hal penangan korona, PAN menilai dan merasa perlu, agar sebelum menggunakan asumsi pemakaian defisit anggaran, pemerintah melakukan optimalisasi dan relokasi pada pos-pos anggaran," ungkapnya.

Seperti pos anggaran pilkada 2020, pos dana desa, pos dana ibukota baru dan pos dana infrastruktur yang tidak mendesak.

Dana-dana tersebut bisa langsung digunakan dalmn penanganan bantuan rakyat yg terdampak dari adanya pembatasan sosial yang berlaku.

"Sifat dari alokasinya jangan rumit dan gampang di pahami oleh rakyat. Institusi pelaksananya harus proakftif dan cepat dalam melakukan respon, serta adanya hotline yang mudah diakses dan tanggap dalam menyikapi persoalan," terangnya.

Semua upaya yang dilakukan pemerintah saat ini juga harus disertai semangat transparansi, agar semua pihak dapat membantu baik langsung maupun tidak langsung, sebab PAN meyakini dampak susulan ekonomi terhadap ekonomi RI akan berlangsung tidak sebentar, oleh karenanya semua dukungan diperlukan pemerintah.

"PAN juga telah memberikan instruksi untuk mendukung stimulus ini kepada seluruh anggota fraksi PAN yang ada di DPR/DPRD, agar bersama-sama pemerintah pusat dan daerah mengupayakan jalan terbaik bagi rakyat dalam menghadapi wabah korona ini," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA