Firli Akan Batalkan Usulan Gaji Rp300 juta

IS
Oleh Ivan Setyadi
Sabtu 04 April 2020
share
Ketua KPK Firli Bahuri - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua KPK Firli Bahuri mneyebut hingga kini tidak ada tindak lanjut pembahasan mengenai usulan kenaikan gaji pimpinan KPK yang mencapai Rp 300 juta tersebut.

Demikian pula mengenai rancangan Perpres tentang hak keuangan, fasilitas dewan pengawas, dan PP tentang gaji pegawai KPK sesuai UU nomor 19 tahun 2019 juga belum ada pembahasan lebih lanjut.

"Pimpinan KPK sekarang, tidak akan ada pembahasan terkait hak keuangan dan fasilitas pimpinan KPK. Pimpinan KPK, seluruh pegawai KPK, Dewan Pengawas fokus untuk melakukan pencegahan, koordinasi dan monitoring pengadaan barang dan jasa dalam upaya penanganan Covid-19. Jadi kalaupun ada usulan tentang hak keuangan pimpinan KPK, kami seluruh pimpinan meminta dibatalkan dan tidak dibahas," kata Firli kepada wartawan, Jumat (3/4/2020).

Menurutnya, pengawasan terhadap pengadaan barang terkait penanganan virus corona lebih prioritas ketimbang kenaikan gaji pimpinan KPK.

Firli mengklaim, KPK terus menerus melakukan tugas pencegahan, koordinasi dan monitoring dengan pihak terkait penanganan virus corona agar tidak terjadi penyimpangan bahkan korupsi. KPK, katanya telah berkoordinasi dengan LKPP dan BPKP terkait pengadaan barang kebutuhan penanganan Covid-19 sesuai dengan Inpres no 4 tahun 2020 dan Keppres no 9 tahun 2020. KPK melalui Kedeputiaan Pencegahan juga telah berupaya membantu Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

"Yang penting jangan ada niat untuk korupsi, jangan ada menerima kickback, jangan menerima hadiah atau janji, jangan ada konflik kepentingan, jangan ada suap. Jadi ini yang jadi perhatian pimpinan KPK, bukan kenaikan gaji," katanya.

Di tengah pandemi virus corona, beredar informasi adanya usulan pimpinan KPK untuk menaikkan gaji mereka hingga sebesar Rp 300 juta. Padahal saat ini, gaji pimpinan KPK cukup besar, yakni sekitar sekitar Rp 123,9 juta untuk Ketua KPK dan Rp 112,5 juga untuk Wakil Ketua KPK. [fad]

# TAG
KPK

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA