Pariwisata Unggulan Untuk Masa Depan Balangan

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 04 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kabupaten Balangan, memiliki topografi yang cukup beragam. Mulai dataran, bukit-bukit, hingga pegunungan. Itu membuat daerah tersebut mempunyai banyak keindahan alam yang sangat berpotensi untuk dijadikan objek wisata alam.

Berangkat dari hal itu, sektor pariwisata menjadi salah satu fokus Pemkab Balangan untuk dikembangkan di bawah kepemimpinan Bupati Ansharuddin dan Wakil Bupati Syaifullah.

Salah satu langkah yang diambil Ansharuddin dalam mengembangkan sektor pariwisata di Balangan yaitu, dengan membentuk Dinas Pariwisata secara khusus, dari yang mulanya hanya berupa bidang di Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud).

Ansharuddin mengakui bahwa, sektor pariwisata memang menjadi perhatiannya dan masuk program jangka panjang untuk persiapan Balangan ke depannya terlebih pasca tambang.

"Selain pertanian, pariwisata menjadi salah satu andalan kita di masa mendatang untuk mendongkrak PAD dan ekonomi masyarakat, menggantikan posisi tambang yang lambat laun pasti akan habis," katanya, Sabtu (4/4/2020).

Namun untuk saat ini pemerintah memang belum bisa memberikan anggaran berlebih untuk pembenahan pariwisata, karena masih banyak sektor lain yang menjadi prioritas utama, seperti infrastruktur dan pertanian serta peningkatan kualitas SDM.

"Ya akan kita benahi secara perlahan, sedikit demi sedikit. Semuanya perlu proses," ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan, Rody Rahmadi Noor mengungkapkan, untuk saat ini program utama pihaknya yaitu membenahi satu objek pariwisata yang bisa diunggulkan.

"Kemungkinan yang akan kita benahi sementara ini yaitu Danau Baruh Bahinu, karena aksesnya yang mudah dijangkau dan memiliki keindahan yang cukup menjual," tukasnya.

Danau Baruh Bahinu berlokasi di Desa Baruh Bahinu Dalam, Kecamatan Paringin Selatan. Jaraknya dari pusat kota Paringin ibu kota Kabupaten Balangan tidak terlalu jauh, hanya 10 kilometer. Akses jalan menuju danau tersebut juga terbilang mulus. Selain danau tersebut, Balangan juga mempunyai calon objek wisata andalan yaitu, Gunung Hauk, dengan ketinggian mencapai 1325 Meter Dari Permukaan Laut (MDPL). Kemudian ada pula Wisata Budaya di Desa Kapul, Halong, serta terdapat ratusan air terjun, dan arung jeram di Desa Nanai, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA