1 Pasien Positif di Kutai Timur, Pernah ke India

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 04 April 2020
share
 

INILAHCOM, Kutai Timur - Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kalimantan Timur bertambah. Salah satunya adalah warga Kutai Timur yang kini dirawat di Ruang Isolasi Rumah Sakit Kudungga Sangatta Kutai Timur dengan keluhan demam.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi M. Ishak mengatakan pasien yang diberi nama KTM 3 ini laki laki 43 tahun. Dia melakukan perjalanan dari India-Singapore-Jakarta sejak 15 Maret dan 20 Maret.

Pulang dari Jakarta, pasien langsung diperiksa ke rumah sakit dengan keluhan demam lalu menjalani perawatan mandiri. Namun kondisinya semakin memburuk. Tanggal 27 Maret langsung dirawat di Rumah Sakit Umum Kudungga Sangatta Kutim untuk menjalani isolasi.

"Pasien dirawat sejak tanggal 27 maret dan baru hari hasilnya keluar dari laboratorium Departemen kesehatan RI, saat ini pasien terkonfirmasi dalam keadaan stabil dan berangsur membaik," kata Andi dalam keterangan persnya, Sabtu (4/4/2020).

Seorang pasien terkonfirmasi positif lainnya adalah pasien dari kota Samarinda. Pasien yang diberi nama Samarinda 3 yakni laki-laki berusia 60 tahun.

Dia punya riwayat perjalanan dari Ijtimak Gowa pada 19-20 Maret. Dia kembali ke Samarinda menggunakan kapal laut dan langsung melakukan isolasi mandiri di rumah.

Namun pada 31 Maret, pasien dilarikan ke rumah sakit dengan keluhan deman, batuk, pilek kemudian dilakukan isolasi dan pengambilan sampel. Hasilnya baru keluar hari ini.

"Saat ini kondisinya terus membaik, dan dirawat di RSUD AWS Syahranie, kita berharap segera sembuh," kata Andi.

Tambahan 2 pasien ini membuat total kasus positif Corona di Kaltim menjadi 24 kasus. Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 4.307 orang, dengan rincian selesai pemantauan 1.746 orang dan masih proses pemantauan 2.561 orang.

Sementara, pasien dalam pengawasan (PDP) jumlahnya 218 orang dengan rincian terkonfirmasi negatif 130 orang, positif 24 orang, menunggu hasil laboratorium Kementerian Kesehatan 64 orang, dan meninggal satu orang, dua pasien telah dinyatakan sembuh.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA