Polri : Pemda Harus Bersinergi dengan Pusat

IN
Oleh inilahcom
Minggu 05 April 2020
share
Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Polri menggelar operasi khusus Aman Nusa II dalam rangka menanggulangi wabah virus Corona (COVID-19). Polri mengatakan kewenangan pusat yang didelegasikan ke daerah harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Bukan semau-maunya karena tak ada istilah raja kecil di daerah.

"Kewenangan yang didelegasikan ke daerah harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh pemerintah daerah, bukan layaknya raja kecil yang bisa berbuat semaunya," kata Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto selaku Kepala Operasi Khusus Aman Nusa II Penanggulangan COVID-19 dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/4/2020).

Dalam kondisi saat ini, Agus menyampaikan kehadiran negara harus benar-benar dirasakan masyarakat. Agus menekankan sinergitas antara lembaga yang ada di pusat dengan daerah.

"Dalam tatanan bernegara, tidak ada yang berdiri sendiri. Saat ini kehadiran negara harus benar-benar dirasakan oleh masyarakat, apalagi dalam kondisi bencana non-alam saat ini. Semua harus bersinergi untuk masyarakat, khususnya antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah," ujar dia.

"Sinergitas dan soliditas sangatlah penting dalam penanggulangan pandemi COVID-19 ini," imbuh Agus

Agus menuturkan pemerintah daerah merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat. Agus kemudian mengungkapkan banyak anggaran provinsi yang sumbernya dari pemerintah pusat.

"Pemerintah daerah itu kan kepanjangan tangan Pemerintah Pusat. Banyak provinsi yang APBD-nya sebagian besar disuplai oleh APBN melalui Dana Perimbangan Daerah. Masyarakat harus tahu ini, bahkan dalam lingkup terkecil, desa memiliki dana desa yang disuplai oleh pemerintah pusat," ungkap Agus.

Mantan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) ini selanjutnya menuturkan masyarakat juga harus bersinergi dengan pemerintah. Salah satu bentuk sinergitas adalah dengan patuh dan disiplin menerapkan physical distancing.

"Kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat menjaga jarak (physical distancing) merupakan bentuk sinergitas yang diberikan oleh masyarakat, begitu juga dengan antar lembaga baik dipusat maupun di daerah sinergitas adalah harga mati," ucap Agus.

"Mari bersinergi dalam mencegah dan menanggulangi wabah COVID-19 ini. Semoga cepat berlalu," tandas dia.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA