Napi Lapas di Purwakarta Bikin Masker Sendiri

IN
Oleh inilahcom
Minggu 05 April 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Purwakarta - Kesulitan mendapatkan masker, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2 B di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat membuat masker sendiri dari bahan kain. Masker yang mereka produksi diperuntukan untuk pegawai lapas dan warga binaan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Awal pembuatan masker, kita itu sebetulnya mencari masker di luar tapi ternyata dicari ke toko semua udah pada enggak ada, semuanya udah habis. Akhirnya Kalapas memerintahkan coba kita buat sendiri, akhirnya kita beli bahan dan diproduksi lah masker ini, sedangkan untuk peruntukkannya masker diutamakan untuk petugas terlebih dahulu," ujar Kasi Pembinaan dan Kegiatan Kerja Lapas Asep Saripudin, Sabtu (04042020).

Masker hasil kreativitas warga binaan ini untuk kepentingan para pegawai lapas yang rentan terhadap penyebaran virus Corona. Selain itu akan dibagikan kepada semua warga binaan yang ada di lapas.

Enam warga binaan dikerahkan untuk memproduksi masker. Mereka nampak sudah piawai mengoperasikan mesin jahit, dan sudah terampil membuat masker setelah sebelumnya diberikan pelatihan cara pebuatan masker.

"Kita gunakan bahan kain dari oxpord. Sebetulnya kita tidak menargetkan tapi rata-rata sehari bisa 30 sampai 35 masker yang di porduksi mereka. Ini tidak untuk di perjualbelikan, hanya kebutuhan di dalam lapas saja," katanya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA