Warga Semarang Diminta Tidak Mudik Dulu

IN
Oleh inilahcom
Senin 06 April 2020
share
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Semarang - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi kembali mengingatkan kepada warganya yang tengah bekerja di luar kota untuk tidak mudik dulu. Hal tersebut disampaikan setelah adanya peningkatan pergerakan masyarakat dari DKI Jakarta ke Semarang untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Sekali lagi saya menghimbau kepada seluruh sedulur Semarang yang saat ini sedang bekerja di luar Semarang, demi keamanan dan keselamatan keluarga kita semua, sebaiknya urungkan niat untuk mudik dulu," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (5/4/2020).

Wali Kota yang akrab disapa Hendi ini menjelaskan, meski ada protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh di sepanjang jalur yang dilewati, namun Covid-19 dapat dibawa seseorang tanpa adanya gejala.

"Saat ini bertahan di daerah sedulur-sedulur bekerja adalah sebuah sikap yang bijak. Untuk sementara waktu manfaatkan berbagai media komunikasi untuk menjaga silaturahmi dengan keluarga yang jauh tanpa perlu pulang ke kampung halaman," ucapnya.

Ia meyakini bahwa pemerintah pusat akan segera mengeluarkan kebijakan terkait mudik supaya masyarakat dapat pulang ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudaranya meski pandemi Covid-19 masih berlangsung.

"Bertahanlah di tempat bekerja, nanti kalau situasinya sudah baik, saya yakin pemerintah melalui Pak Presiden Jokowi akan memberikan kesempatan libur pengganti mudik," ujarnya.

Hendi berujar ini demi kebaikan bersama agar mata rantai penyebaran Covid-19 dapat segera diputus karena menurutnya telah banyak pasien corona yang sembuh dan kondisinya membaik, namun upaya bersama melawan corona tidak boleh mengendur sebab tren pasien terkonfirmasi positif masih berlanjut.

"Memang ada berita positif terkait kesembuhan 6 pasien di Kota Semarang, 4 di Rumah Sakit Wongsonegoro, 2 di Rumah Sakit Dokter Karyadi, namun tren penderita Covid-19 dari mulai 15 Maret sampai 4 April masih naik," jelasnya.

Hendi berharap kelegawaan seluruh masyarakat, baik warga yang tinggal di Kota Semarang maupun yang tengah merantau di luar kota karena jika hal ini disepelekan, persoalannya tidak akan pernah selesai.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA