Posting Tak Berdasar 4 Orang Ditangkap

IN
Oleh inilahcom
Rabu 08 April 2020
share
 

INILAHCOM, Kalbar - Sebanyak empat orang diduga menyebarkan informasi hoaks di media sosial di Kalimantan Barat, diamankan Subdit Siber Crime Polda Kalimantan Barat dan Polres jajaran.

"Sampai dengan saat ini, sudah ada empat Laporan Polisi (LP) yang masuk ke kami. LP itu terkait penyebaran berita hoaks tentang informasi Corona Virus Disease atau COVID-19. Di antaranya di Polres Singkawang dan Polres Ketapang dengan masing-masing dua LP sehingga semuanya ada empat LP," ujar Kabid Humas Polda Kalimantan Barat, Komisaris Besar Polisi Donny Charles Go, hari ini.

"Pertama untuk dua kasus di Singkawang, kita amankan dua orang yang dengan sengaja memposting dihalaman medsos pribadinya mengenai adanya pasien terduga Corona di RSUD Abdul Azis, yang di-posting 27 Februari lalu," lanjutnya.

Sedangkan dua kasus lagi di Ketapang, yaitu postingan informasi mengenai adanya pasien WNA yang suspect COVID-19 di RS Agus Djam, dan satunya lagi mengenai informasi hoaks virus COVID-19 sudah masuk di sebuah Kecamatan di Ketapang.


"Untuk itu kami telah memperketat patroli di media sosial. Upaya ini dilakukan untuk memberikan rasa tenang kepada masyarakat luas sehingga tidak menimbulkan kepanikan pada masyarakat," katanya.

Bagi pelaku terbukti menyebarkan berita hoaks, dijerat pasal 14 ayat (1) UU ITE, ancaman hukuman penjara maksimal 10 tahun penjara. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA