Mantan Dirkeu AP II Divonis 2,5 Tahun Penjara

IS
Oleh Ivan Setyadhi
Rabu 08 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Direktur Keuangan PT Angkasa Pura (AP) II Andra Agussalam divonis 2 tahun dan 6 bulan penjara oleh Majelis Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Andra divonis terbukti bersalah dalam perkara suap proyek pengadaan Baggage Handling System (BHS).

"Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi," kata Ketua Majelis Hakim, Fahzal Hendri membacakan amar putusan di PN Tipikor Jakarta.

Andra juga divonis hukuman denda Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan.

Andra dinilai terbukti secara sah meyakinkan menerima suap USD 71.000 dan SGD 96.000 dari Direktur Utama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) Darman Mappangara. Uang suap yang diterima Andra secara bertahap itu untuk memuluskan PT INTI menjadi pelaksana pekerjaan pemasangan Semi Baggage Handling System (BHS).

Selain itu, majelis hakim pun meminta agar Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat membuka rekenin yang telah diblokir. "Buka blokir rekening di BNI, Mandiri dan BCA," pinta Fahzal.

Perbuatan Andra itu dinilai terbukti melanggar Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto pasal 64 ayat (1) KUHP.

Atas putusan ini baik Jaksa Penuntut Umum pada KPK dan terdakwa Andra menyatakan pikir-pikir. Adapun vonis tersebut lebih ringan dari tutnutan jaksa KPK. Vonis terhadap Andra lebih rendah dari tuntutan Jaksa KPK yang menuntutnya dengan hukuman 5 tahun penjara serta denda Rp 200 juta subsider 5 bulan kurungan. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA