Gugus Tugas Dibentuk Hadapi Covid-19 Perbatasan

IN
Oleh inilahcom
Kamis 09 April 2020
share
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gugus Tugas Pencegahan dan Percepatan Penanganan COVID-19 untuk kawasan perbatasan mulai dibentuk. Hal itu tertera dalam Keputusan Kepala BNPP Nomor PWS/81.04/830/IV/2020 yang ditetapkan pada 7 April 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP),sekaligus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Gugus Tugas ini dibentuk dalam rangka pencegahan dan percepatan penanganan COVID-19 tersebut diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus, terpadu, dan sinergis antara Pemerintah dan Pemerintah Daerah yang wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga," kata Tito Karnavian, Kamis (9/4/2020).

Gugus Tugas Pencegahan dan Percepatan Penanganan COVID-19 BNPP bertuga menetapkan rencana operasi dan melaksanakan pencegahan dan percepatan penanganan dan melakukan pengawasan dan pelaksanaan percepatan penanganan.

Kemudian melaporkan pelaksanaan penanganan kepada Kepala BNPP dan Gugus Tugas Pencegahan Percepatan Penanganan COVID-19 Tingkat Nasional.

Dalam pelaksanaan tugasnya, gugus dibagi 2 kelompok kerja, pertama pokja pendataan kebutuhan kecamatan lokasi prioritas pengelolaan perbatasan dan yang kedua pokja pendataan kebutuhan pos lintas batas negara (PLBN).

Kegiatan pengumpulan data tersebut meliputi kebutuhan alat barang pelindung diri seperti masker biasa, sarung tangan karet, hand sanitizer, vitamin C dan E, sabun mandi, sabun cuci piring, deterjen dan karbol pembersih lantai.

Kemudian, alat barang kebutuhan petugas medis di puskesmas seperti alat pelindung diri (APD), masker N95, sarung tangan karet dan helm plastik pelindung wajah.

Data lainnya yang diperlukan terkait sarana, peralatan medis, obat-obatan serta peralatan lain untuk perawatan pasien dan perlengkapan pasca wafat. Untuk masa tugas gugus yang dibentuk tersebut akan berakhir pada Oktober 2020 atau bertugas selama 7 bulan. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA