10 Rumah Aman KSP Munculkan Kemandirian

IN
Oleh inilahcom
Kamis 09 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Program 10 Rumah Aman dinilai sangat ampuh memunculkan sikap mandiri dan gotong royong masyarakat. Ini terbukti dari sejumlah wilayah di Jawa Barat yang kebanjiran sembako bantuan warga.

Lurah Serua, Depok, Jawa Barat Dion Wijaya mengungkapkan, warga solid menjalankan seluruh instruksi pemerintah. Selain memerangi kasus sebaran Covid-19, mereka mengantisipasi efek bawaannya. Dengan bergotongroyong, warga mengumpulkan bantuan sembako senilai Rp42 juta.

"Kepedulian warga Serua kepada sesamanya sangat luar biasa. Selain menangkal Covid-19, mereka juga aktif mengumpulkan bantuan pangan bagi sesamanya. Jumlah yang terkumpul sangat besar. Mereka itu solid dalam menjalankan instruksi yang diberikan pemerintah," ungkap Dion.

Dijalankan selama 2 pekan hingga terkumpul angka sekitar Rp42 juta, bantuan sembako dari warga ini memiliki nilai Rp60 ribu hingga Rp70 ribu per paketnya. Jumlah total fisiknya mencapai 600 paket dan semuanya sudah didistribusikan kepada warga yang membutuhkan.

Infeksi Covid-19 sebelumnya sempat menimpa salah satu warganya. Namun, upaya sigap petugas juga treatment kesehatan yang diberikan berhasil membuatnya sembuh.

Untuk menjamin wilayahnya tetap steril, aktivitas pengukuran suhu tubuh warga tetap dilakukan rutin. Serupa itu, kegiatan penyemprotan juga dilakukan setiap hari. Fokusnya, jalan-jalan utama di wilayah Serua.

Berjalannya program pemerintah di Serua, Bojongsari, Depok, terkait penanganan pandemi Covid-19 direspon positif oleh Kepala Staf Presiden Moeldoko. Menurut dia, aksi simpatik tersebut memberikan inspirasi besar bagi Indonesia.

"Mereka memberikan contoh penanganan kasus infeksi Covid-19 yang sangat bagus. Semuanya terukur dan cepat. Selain teknis, mereka juga memikirkan aspek lain. Jaminan ekonomi melalui bantuan pangan sehat tentu sangat bermanfaat, terlebih mereka yang membutuhkan. Apa yang dilakukan warga Serua layak ditiru daerah lain," tandas Moeldoko. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA