BIN Sumbang Alat LBM Percepat Penangangan Covid-19

IN
Oleh inilahcom
Jumat 10 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Intelejen Negara (BIN), Budi Gunawan (BG) terus memberikan sumbangsihnya dalam membantu pemerintah mencegah penularan Virus Corona (Covid-19). BG menginstruksikan kepada jajaran di BIN dengan menyumbangkan tambahan alat Laboratorium Biologi Molekuler.

Bantuan LBM itu diberikan BIN di Jakarta, Jumat (10/4/2020) yang diwakili oleh Sekretaris Utama (Sesma) BIN, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo yang didampingi Kepala Staf Ahli BIN, Majyen TNI Suyanto, dan diterima oleh Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof. Amin Soebandrio, dr. PhD. Sp. MK(K).

Dengan tambahan alat ini, maka proses pengujian spesimen yang tadinya 180 spesimen per hari bertambah menjadi 360 spesimen pasien per hari atau meningkat 100%. BIN mendukung penuh kinerja tenaga medis yang menjaga garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19.

Oleh karena itu, ia berharap bantuan ini dapat memaksimalkan kinerja para tenaga medis khusunya dalam mendeteksi COVID-19 pada spesimen klinis Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

"Semoga dengan pemberian alat ini, bisa mempercepat para petugas peneliti dalam memproses sampel terduga positif COVID-19," ujar Komjen Bambang.

Adapun bantuan alat laboratorium dari BIN meliputi Automated Extraction and Purification System, Refrigerated Microcentrofuge, qRT PCR System, CO Incubator, dan -80C Freezer. Bambang mengutarakan bahwa BIN akan menjalin kerjasama lebih jauh dari hari ini utamanya untuk melakukan pengujian vaksin (obat) Covid-19.

Sementara itu, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof. Amin Soebandrio, menyampaikan rasa apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh BIN. LBM Eijkman akan memaksimalkan bantuan yang didapat karena 19, LBM Eijkman ditugaskan oleh Pemerintah untuk memimpin konsorsium pembuatan vaksin tersebut.

"Bantuan ini sangat dibutuhkan oleh tenaga peneliti agar dapat lebih maksimal dalam penanganan virus corona," ucap Prof. Amin.

Prof Amin yakin bila alat-alat tenaga medis semakin canggih maka akan mempercepat penanganan pasien positif Covid-19 untuk disembuhkan. Ia juga mendorong peran masyarakat untuk memutus rantai penularan Covid-19 dengan mengikuti aturan pemerintah.

"Masyarakat juga memiliki peran penting dalam mengurangi dampak pandemi COVID-19. Semoga wabah ini segera berlalu dan kembali kondusif," sambung dia.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA