Gegara Hoax Video Begal Lelaki ini Ditangkap

WN
Oleh Willi Nafie
Senin 13 April 2020
share
Ilustrasi - Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Gara-gara merekam dan menyebarkan video hoax soal adanya kasus begal di Artha Gading, Jakarta Utara, seorang pria bernama Jauanda ditangkap Polisi.

Kronologisnya barawal dari pelaku tengah melintas di depan Gedung Altira, Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara Jumat 10 April 2020 lalu. Ia melihat seseoang tengah dipapah oleh pengemudi ojek online.

"Lalu dengan refleks pelaku berhenti dan langsung membuat video yang menyatakan bahwa Hati-hati Saja Yang lewat Sekitar Artha Gading Sekarang lagi Banyak Begal," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Senin (13/4/2020).

Video lantas disebarkan pelaku sampai akhirnya viral. setelah diselidiki diketahui orang yang terluka dalam video itu adalah korban kecelakaan, bukan korban begal.

Pelaku kemudian diamankan di parkiran Mobil Apartemen Gading Nias. Lalu diamankan barang bukti berupa 1 buah handphone dan 1 video hoax tersebut. Atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 28 ayat (1) Jo Pasal 45 ayat (1) UU No.19 Tahun 2016 atas perubahan UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 14 dan 15 UU No.1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA