Profil Andi Taufan, Staf Khusus yang Surati Camat

FZ
Oleh Fadly Zikry
Kamis 16 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Staf khusus millenial Presiden Jokowi, bidang Bidang Ekonomi dan Keuangan, Andi Taufan Garuda Putra beberapa waktu terakhir menjadi perbincangan setelah mengirimkan surat kepada para Camat seluruh Indonesia.

Surat yang dikirim tersebut berisi permintaan bantuan para camat seluruh Indonesia untuk melibatkan perusahaannya PT Amartha dalam melakukan edukasi lapangan ke masyarakat desa dan pendataan kebutuhan alat pelindung diri (APD) Puskesmas.

Siapa Andi Taufan Garuda Putra?

Taufan (33) lahir di Jakarta, 24 Januari 1987. Dia menyelesaikan studi S1 nya di Institut Teknologi Bandung (ITB), dan melanjutkan pendidikannya hingga memperoleh gelar Master of Public Administration (MPA) dari Harvard Kennedy School.

Pada tahun 2010, ia mendirikan PTAmarthaMikro Fintech (Amartha). Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pembiayaan kredit kepada masyarakat di pedesaan. Lebih tepatnya, merupakan perusahaan fintech peer-to-peer lending, yang menghubungkan investor dengan pengusaha mikro di pedesaan yang membutuhkan pendanaan karena kesulitan dengan perbankan.

Sederet penghargaan juga pernah diterima Taufan, seperti Entrepreneur of the Year Finalist EY, Satu Indonesia Award Astra, Laureate Global Fellow International Youth Foundation, dan Ganesha Innovation Champion Awards Alumni ITB.

Pada tahun 2019 lalu, Taufan pun diangkat Presiden Jokowi menjadi salah satu staf khusus millenial Presiden bersama enam staf khusus millenial lainnya.

Usai ramai suratnya, Taufan pun mencabut kembali surat tersebut dan memintaa maaf atas kekeliruannya. [fad]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA