Usaha PT Amartha Milik Andi Taufan Stafsus Jokowi

FZ
Oleh Fadly Zikry
Kamis 16 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - PTAmarthaMikro Fintech (Amartha) seketika menjadi sorotan bersamaan dengan pendirinya Andi Taufan Garuda Putra yang mengirimkan surat kepada seluruh camat seluruh Indonesia terkait program Relawan Desa Lawan Covid-19, untuk melibatkan PT Amartha.

Program tersebut diinisiasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Andi yang merupakan staf khusus millenial Presiden Jokowi, bidang Bidang Ekonomi dan Keuangan, menggunakan kop surat Sekretariat Kabinet untuk melibatkan perusahaannya.

Dikutip dari laman resmi Amartha, PT Amartha didirikan pada tahun 2010. Perusahaan ini berfokus pada layanan pinjamanonline(pinjol), khususnya untuk usaha mikro di pedesaan yang belum terakses perbankan.

Perusahaan yang awalnya merupakan lembaga keuangan mikro konvensional kemudian bergerak menjadi fintech peer-to-peer lending. Pada intinya Amartha menghubungkan investor dengan pengusaha mikro di pedesaan yang membutuhkan pendanaan karena kesulitan dengan perbankan.

Amartha juga memperhatikan kaum perempuan dengan memberikan program khusus bagi perempuan.

Terkait viralnya surat Andi Taufan, dalam surat tertanggal 30 Maret 2020 itu, Taufan meminta bantuan para camat seluruh Indonesia untuk membantu perusahaannya dalam melakukan edukasi lapangan ke masyarakat desa dan pendataan kebutuhan alat pelindung diri (APD) Puskesmas.

Surat Taufan itu juga ditembuskan ke Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Kini surat tersebut sudah dicabut oleh Andi Taufan. Meski tidak disanski, dia mendapat teguran keras dari istana. [fad]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA