Sopir Angkutan Umum Dapat Bantuan, Ini Tahapannya

IN
Oleh inilahcom
Kamis 16 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Bagi para sopir angkutan umum yang ingin mendapat bantuan sebesar Rp600.000 per bulan selama kurun waktu tiga bulan, meski terlebih dahulu didata jumlahnya serta berkoordinasi dengan pul-pul yang menaungi para sopir.


Hal tersebut disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo. Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberikan bantuan uang sebesar Rp600.000 per bulan untuk para sopir angkutan umum selama tiga bulan.

"Semua pengemudi yang terdata di kami itu diberikan pelatihan. Pelatihan diikuti sopir angkot, sopir bajaj dan itu dilakukan di pul masing-masing dan dilaksanakan secara online," ujar Sambodo, Kamis (16/4/2020).

Bagi para sopir yang sudah terdata bakal diberi tiga jenis pelatihan berbasis online. Materi bulan pertama soal, protokol penanganan Covid-19 untuk angkutan umum dan juga dijelaskan SOP ketika sopir tersebut mendapat penumpang.

"Kedua terkait dengan etika pelayanan dengan Bahasa Inggris Dasar. Nanti diajarkan bagaimana melayani masyarakat dengan baik, bagaimana melayani customer, kemudian kami sampaikan juga Bahasa Inggris dasar paling tidak ketika para sopir ini ada tamu dari turis asing mereka bisa paham berkomunikasi secara dasar dengan menggunakan Bahasa Inggris. Materi terakhir berkaitan dengan safety riding," tuturnya.


Usai mendapat pelatihan, barulah sang sopir bisa menerima bantuan uang tersebut, dengan memberikan rekening salah satu bank berisi uang bantuan itu.

"Bantuannya berupa tunai tapi kita bekerjasama dengan salah satu bank sehingga diberikan ATM dan tabungannya dimana ATM itu bisa digunakan untuk mengambil secara tunai ataupun ditukarkan dengan toko-toko yang sudah bekerja sama sehingga bisa dibelikan sembako atau kebutuhan lainnya," tutup dia. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA