Banyak Perusahaan Masih Beroperasi Saat PSBB

Anies Akan Koordinasi Dengan Kemenperin

IN
Oleh inilahcom
Kamis 23 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jakarta, Anies Baswedan akan berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mengevaluasi izin perusahaan yang tetap beroperasi saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Menurut dia, sektor usaha yang seharusnya masih bisa diizinkan untuk beroperasi, ialah jika memang amat strategis dan keberlangsungannya bermanfaat untuk bangsa dan negara.

"Karena kalau tidak, jumlahnya tidak ada batasnya. Harus strategis yang sesungguhnya, bukan strategis yang kita tidak tahu di mana (indikator) strategisnya. Daftarnya sekarang cukup panjang. Sekarang sedang di-review bersama. Nanti kita akan tegakkan itu semua," kata Anies di Balai Kota, Rabu (22/4/2020).

Anies meminta perusahaan tidak memaksakan beroperasi di tengah wabah virus corona atau Covid-19. Sebab, itu merupakan salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Kami ada beberapa contoh di mana (perusahaan) memaksakan dan ternyata betul ada kasus positif, dan akhirnya seluruh operasi harus dihentikan. Karena itu, saya mengingatkan kepada seluruh warga untuk bekerja di rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah," kata dia.

Sebelumnya, Kemenperin mengizinkan 864 perusahaan yang tidak dikecualikan tetap beroperasi selama masa PSBB berlangsung di Jakarta. Hal itu berdasarkan data yang diterima dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elizabeth Ratu Rante Allo mengatakan bahwa data itu merupakan data dari Kemenperin yang mendapat Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) Kemenperin.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA