Bulan Ramadhan Peluang Besar Bagi UMKM

IN
Oleh inilahcom
Jumat 24 April 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Dewan pembina usaha menengah kecil mikro (UMKM), memastikan jutaan pelaku UMKM diseluruh Indonesia akan semakin kuat dalam mengadapi dampak ekonomi dan sosial akibat pandemi covid-19, pada bulan suci Ramadhan tahun ini.

Ketua dewan pembina UMKM, Hj. Rizayati S.H, M.M mengatakan, semangat dan keutamaan Ramadhan, akan semakin menggelorakan nilai-nilai kemanusiaan dan Ketuhanan seluruh mayarakat termasuk para pelaku UMKM, untuk saling tolong menolong, dan membantu dalam menghadapi perang melawan hawa nafsu dan perang melawan dampak covid-19.

"Insya Allah, bulan Ramadhan, bulan suci penuh rahmat, hidayah dan inayah-Nya, menjadi pelecut semangat ukhuwah, kepedulian antar sesama yang diajarkan agama dan telah tradisi kita sejak dulu, apalagi saat menghadapi situasi dan kondisi seperti saat ini," kata Rizayati saat dihubungi wartawan, Jumat (24/4/2020)

Ia menambahkan, intensitas kegiatan dan aksi nyata sosial yang dilakukan oleh masyarakat termasuk para pelaku UMKM yang memiliki ekonomi lebih, meningkat signifikan selama bulan Ramadhan karena masyarakat berlomba-lomba mengejar amal ibadah yang berlipat ganda dibulan puasa.

"Ikuti anjuran Pak Jokowi pahalanya double dan berlipat ganda. Satu pahala karena telah menghidupi usaha kecil rakyat, satu lagi dari membantu masyarakat kurang mampu. Semua pahala menjadi berlipat ganda dibulan Ramadhan," lanjut Rizayati.

Ia kembali mengingatkan kepada masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi lebih dan ingin membantu sesama, untuk membeli produk UMKM disekitar tempat tinggalnya sebagai bentuk simpati dan peran aktif dalam menjaga keberlangsungan hidup para pelaku usaha kecil.

Sebagai contoh, Hj. Rizayati S.H, M.M ini membeli ribuan masker dari puluhan penjahit yang berada disekitar tempat tinggalnya, memborong beberapa komoditas kebutuhan pangan dari toko kelontong dan pedagang sembako, yang rencananya akan dibagikan ke warga kurang mampu di awal-awal bulan puasa ini.

"Insya Allah besok, hari kedua puasa, kami bergerak membagikan ribuan masker dan paket sembako untuk warga Kabupaten Bireun, Aceh. Warga juga akan menikmati buah kurma dan rendang buatan ibu-ibu UMKM Padang, untuk bekal berbuka dan sahur dirumah masing-masing," jelasnya.

Ia juga mengaku, tetap menjalankan kegiatan sosial Indonesia terang di seluruh nusantara dimasa pandemi covid-19. Ia memohon maaf kepada seluruh rakyat

"Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir batin, semoga bangsa dan segenap tumpah darah Indonesia, berhasil melewati perang melawan penyebaran pandemi covid-19 dan perang maha besar menghadapi hawa nafsu," tutupnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA