Bantu Warga Terdampak Covid-19

Sandi Bagi-bagi Nasi Bungkus Gratis di 8 Daerah

IN
Oleh inilahcom
Kamis 30 April 2020
share
Sandiaga Salahuddin Uno Saat Bagikan Nasi Bungkus Gratis - (Foto : Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Tim Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahuddin Uno menggelar gerakan nasional membagikan nasi bungkus untuk masyarakat terdampak Covid-19. Nasi bungkus ini dibagikan di 8 Provinsi yang melaksanakan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pembagian nasi bungkus ini digelar di salah satu warteg di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (30/4/2020). Ada 300 nasi bungkus yang dibagikan untuk warga sekitar khususnya warga kalangan menengah ke bawah.

Sandi awalnya menyapa relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang sudah mempersiapkan gerakan ini. Ia lalu menyapa penjaga warteg. Sandi memang memesan nasi bungkus di warteg-warteg terdekat.

Tujuannya untuk membantu perekonomian warteg yang terdampak Covid-19.

"Gimana mba, pendapatan aman atau tidak," tanya Sandiaga.

"Yah begitu pak. Menurun karena orang banyak dirumah. Tapi alhamdulilah bapak borong makanan saya ini sangat membantu," jawab salah satu pedagang warteg.

Usai menyapa penjual warteg. Sandi kemudian membagikan nasi bungkus untuk warga sekitar. Sandi juga sempat berbincang. Sandi berharap dengan adanya gerakan ini dapat meringankan beban masyarakat.

"Semoga ini dapat membantu teman-teman semua. Ini gerakan nasional. Kita bagikan nasi bungkus gratis untuk berbuka puasa," ucap Sandi.

Eks Wagub DKI Jakarta itu mengatakan gerakan nasional bagi-bagi nasi bungkus ini menyasar untuk warga kalangan menengah ke bawah yang terdampak Covid-19. Sandi mengatakan memang sudah sepatutnya Indoensia saling gotong royong di tengah pandemi Covid-19.

"Karena tenun kebangsaan kita itu adalah gotong royong dan saling bantu dan peduli dengan begitu kita bantu meringankan beban anggota masyarakat menghadapi Covid-19 ini," kata Sandi.

Turut hadir mendampingi Sandiaga, artis yang juga sebagai relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Pricia Nasution. Pricia dalam kesempatan itu mengungkapkan di bulan suci ramadhan ini waktunya untuk meringankan beban masyarakat dengan bersedekah lebih. Sebab, bulan ramadhan ini diiringi di tengah pandemi Covid-19.

"Ini double masalah sulit dan bulan ramadhan. Karena bantak juga masyarakat kurang pemasukan," ujarnya.

Gerakan nasional bagi-bagi nasi bungkus ini akan berlangsung selama beberapa pekan ke depan sambil melihat situasi perkembangan penanganan Covid-19.

Adapun para relawan di 8 daerah yang menerapkan PSBB mendata warga yang layak mendapatkan nasi bungkus gratis ini.

"Kita akan genjot bbrp minggu ke depan supaya saat ini kita mencapai puncak corona masyarakat tetap terbantukan. (Kita menyasar) Masyarakat kelas menengah ke bawah, daerah padat dan masyarakat pra sejahtera," tuturnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA