Buronannya Dikabarkan Meninggal, KPK Jalan Terus

IN
Oleh inilahcom
Rabu 06 Mei 2020
share
Plt Jubir KPK, Ali Fikri - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan masih terus mengusut kasus dugaan suap pengurusan pergantian antar waktu (PAW) Anggota DPR dengan tersangka mantan caleg PDIP, Harun Masiku.

Meskipun, hingga kini, KPK tak kunjung berhasil menangkap Harun yang telah ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO) atau buronan sejak pertengahan Januari lalu.

"Saat ini perkara tersangka HAR (Harun Masiku) masih berjalan di tingkat penyidikan," tegas Plt Jubir KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (5/5/2020).

Diketahui, staf DPP PDIP, Saeful Bahri yang dijerat dalam kasus yang sama telah menjalani proses persidangan. Dalam surat dakwaan terhadap Saeful, Jaksa KPK menyebutkan perbuatan Saeful memberikan suap kepada mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dilakikan bersama-sama dengan Harun sebagaimana Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Ali menekankan, KPK belum berpikir untuk menghentikan proses penyidikan kasus Harun, meski diberi kewenangan seperti yang tercantum dalam Pasal 40 UU KPK. Ali menegaskan, KPK akan terus mengusut kasus ini.

"Jadi sekalipun tersangka Harun belum tertangkap saat ini, perkaranya terus berjalan, tidak ada penghentian penyidikannya," tegas Ali.

Diketahui, Koordinator MAKI Boyamin Saiman meyakini Harun Masiku telah meninggal dunia. Keyakinan tersebut didasari lantaran tidak ada informasi apapun mengenai keberadaan mantan caleg PDIP tersebut. Padahal, Boyamin mengaku kerap mendapat infornasi mengenai buronan KPK lainnya.

"Aku yakin Harun Masiku meninggal, buktinya apa? Nggak ada, dan buktinya nggak punya, hanya keyakinan saja, karena perbandingan dengan buronan lain, selalu ada update setiap Minggu. Kalau Harun Masiku nggak ada," kata Boyamin.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA