Sumba Barat Daya

PLN Sinergi Pemkab Nyalakan Listrik 234 KK

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 09 Mei 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PLN bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya menyambungkan listrik bagi 234 pelanggan di Desa Bile Cenge, Kecamatan Kodi Utara dan Desa Dinjo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumbawa Barat Daya.

Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya menginisiasi penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk membiayai pemyambungan listrik ke rumah masyarakat di dua desa tersebut.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumba Barat Daya, Made Hary Palguna mengapresiasi langkah Pemkab Sumba Barat Daya tersebut. "Tentu ini sangat baik, Pemkab melalui Kepala Desa rutin mengalokasikan ADD untuk membantu pemasangan listrik secara gratis bagi masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Dinjo, Marthinus Maru Gheda menyampaikan terima kasih juga kepada PLN atas kerja sama yang baik, sehingga penyambungan listrik melalui ADD dapat terlaksana dengan baik.

Menurutnya, alokasi dana lewat ADD untuk pasang listrik kepada warga telah dilakukan sejak Tahun 2017, meskipun ketika itu belum ada aturan yang jelas mengenai penggunaan ADD untuk penyambungan listrik masyarakat. Namun saat ini sudah ada Peraturan Menteri Desa Nomor 11 Tahun 2019 yang mengatur sehingga mempermudah pemerintah desa.

"Saya juga sangat bangga dan senang karena kebijakan ini di apresiasi pemerintah. Pada bulan Desember 2019 saya di undang ke Jakarta mewakili Kabupaten Sumba Barat Daya untuk membahas program desa bercahaya ini," tambahnya.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, PLN tetap berusaha untuk melayani dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, seperti melakukan penyalaan listrik di desa saat ini untuk meningkatkan rasio elektrifikasi.PLN menargetkan RE NTT mencapai 100 persen di akhir tahun 2020.

PLN juga berharap kehadiran listrik dapat meningkatkan produktifitas dan taraf hidup masyarakat. [*]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA