Kakorlantas Tindak Tegas Travel Gelap Bawa Pemudik

IN
Oleh inilahcom
Selasa 12 Mei 2020
share
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono - (Foto : Istimewa)

INILAHCOM, Tangerang - Kakorlantas Polri Irjen Istiono menegaskan komitmen untuk menindak tegas travel gelap yang berupaya mengangkut pemudik. Istiono tidak segan akan ada sanksi yang lebih tegas lagi.

Sebelumnya jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya telah mengamankan 220 kendaraan travel gelap yang kedapatan membawa penumpang. Masalah pemerintah sudah tegas melarang warga untuk mudik, semata-mata demi mencegah penularan Covid-19.

"Kemudian travel yang plat hitam, itu banyak yang ditindak. Polda Metro menindak 228 artinya Polri sudah meneruskan kebijakan larangan mudik ini serius," ucap Istiono usai meninjau check point di Gerbang Tol Cikupa, Tangerang, Selasa (12/5/2020).

"Itu melanggar trayek, melanggar plat nomor yang dia tidak jalan kalau enggak kita tindak, itu melanggar UU lalu lintas, itu juga bersaing dengan pelat kuning yanh boleh jalan, tetapi kan nyatanya enggak boleh jalan semua. Itu melanggar UU lalu lintas, itu sanksinya," sambung dia.

Istiono mengatakan modus travel gelap ini bermacam-macam. Mereka menjual melalui media sosial. Polri pun mengerahkan tim siber untuk memantau pergerakan travel nakal ini.

"Mereka menjual di online, facebook, dan lain-lain. Tim siber bergerak untuk menindak itu," jelasnya.

Istiono menambahkan penindakan travel gelap ini tidak hanya berlaku di Jakarta saja, namun seluruh wilayah, karena penerapan larangan mudik berlaku untuk semua wilayah.

"Penindakan seluruh wilayah, khususnya Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah itu banyak yang sudah ditindak," tegasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA