PLN Energize GITET Mandirancan dan Bandung Selatan

IN
Oleh inilahcom
Rabu 13 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta Di tengah Pandemi Covid-19, PLN tetap bekerja sepenuh hati. Kali ini PLN berhasil melakukan pemberian tegangan pertama (energize) pada dua Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITET) 500 kiloVolt (kV) yaitu diameter 3-4 Extention GITET 500 kV Mandirancan di Kuningan dan diameter 5-6 Extension GITET 500 kV Bandung Selatan.

GITET Mandirancan dan GITET Bandung Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional dan berperan penting untuk meningkatkan keandalan listrik di Pulau Jawa, khususnya Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Di tengah pandemi Covid-19 ini, kami bersyukur GITET Mandirancan Extension dan GITET Bandung Selatan Extension dapat selesai tepat waktu dan sudah berhasil dialiri listrik," tutur General Manager Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (JBT) II, Eko Priyantono Aviantoro, kemarin.

GITET ini berperan penting untuk menyalurkan daya listrik dari arah PLTU Tanjung Jati dan PLTU Batang ke arah Indramayu dan Bandung Selatan, termasuk Ujungberung.

Sementara GITET Bandung Selatan mempunyai peran menghubungkan SUTET 500 KV Mandirancan Bandung Selatan dengan SUTET 500 KV Tasik Depok, sehingga SUTET 500 KV Jalur Utara akan terhubung dengan SUTET 500 KV Jalur Selatan. Hal ini tentu akan meningkatkan keandalan di sistem Jawa Bali dan meningkatkan kapasitas penyaluran tenaga listrik, khususnya dari Timur ke Barat Jawa. "Kami berharap dengan beroperasinya GITET extension ini dapat meningkatkan keandalan listrik di sistem Jawa Bali," ucap Eko.

Di tengah pandemi Covid-19, dalam proses pengerjaan proyek ini, PLN selalu memperhatikan protokol kesehatan di lingkungan proyek dengan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum bekerja, penyediaan alat pelindung diri, masker, hand sanitizer atau tempat cuci tangan, dan menyemprotkan desinfektan lokasi kerja kendaraan, dan peralatan kerja. [*]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA