Program 10 Rumah Aman Produksi Vitamin C

IN
Oleh inilahcom
Kamis 14 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Secara bergotong royong, 10 Rumah Aman dan warga Balekambang berencana menggulirkan program Vitamin C berupa jus lemon Vitamin C.

Didesain sebagai bagian donasi sembako, produk tersebut kompetitif secara komersiil.

"Kami terus berpikir dan mensikapi beragam hal sepanjang pandemi Covid-19. Kami mencari produk yang bisa dibuat rumahan, tapi impactnya bagus bagi tubuh dan secara ekonomi. Akhirnya, dipilihlah Jus Lemon Vitamin C. Bahan bakunya banyak tersedia. Kami juga didukung 10 Rumah Aman," ungkap Ketua RT 008/RW.04 Balekambang, Kramatjati, Zainal Abidin.

Menurut dia, memiliki kandungan vitamin tinggi, Jus Lemon Vitamin C tentu bagus bagi tubuh. Vitamin C atau asam askorbat sangat penting mendukung perbaikan sel tulang, gigi, serta kulit. Vitamin C juga berperan sebagai antibodi dari berbagai infeksi dan membanu penyerapan zat besi. Luka juga akan cepat sembuh dengan memakai Vitamin C tersebut.

"Kami tentu berharap warga di sini mendapatkan asupan Vitamin C yang cukup. Dengan begitu, para warga tetap bugar menghadapi pandemi Covid-19. Untuk produksinya, kami jalankan sendiri karena lebih murah. Untuk bahan baku 1 Kg Jeruk Lemon tersebut bisa menghasilkan 2 botol jus. Modalnya itu hanya berkisar Rp3.500," ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Staf Presiden Moeldoko mgatakan program Jus Lemon Vitamin C bagi warga tentu sangat menginspirasi. Jus Lemon Vitamin C menjadi produk kesekian yang dikembangkan warga RT.008/RW.04 Balekambang sepanjang pandemi Covid-19. Sebelumnya ada produk Madumongso dan Bumbu Pecel.

Kepala Staf Presiden Moeldoko menerangkan, home industri tetap memiliki masa depan cerah pascapandemi Covid-19.

"Home industri menjadi solusi ideal menghadapi impact negatif pandemi Covid-19. Pasarnya juga tetap ada, apalagi pascapandemi Covid-19. Mengawali industri rumahan dari kondisi seperti ini bagus. Pasar sedang tidak menentu. Kami berharap daerah lain ikut berpikir kreatif menghasilkan beragam produk," kata Moeldoko. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA