Tahun Ajaran Baru 2020-2021

Rencana Sekolah Kembali Beroperasi di Jakarta

IN
Oleh inilahcom
Jumat 15 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan tiga skema untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tengah pandemi COVID-19. Hal ini dilakukan, lantaran bakal segera memasuki masa tahun ajaran baru 2020-2021 tepatnya pada bulan Juli nanti.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Nahdiana menyampaikan hal tersebut disela-sela rapat melalui video konferensi bersama Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur, Ahmad Riza Patria Jumat (15/5/2020).


Tiga skema itu, di antaranya pertama mengizinkan semua siswa masuk hanya di sebagian sekolah DKI Jakarta. Dalam arti sebagian sekolah lainnya tidak menggelar KBM secara tatap muka.

Kedua, diizinkan sebagian sekolah di DKI Jakarta hanya membolehkan sebagian siswa bersekolah sebagian siswanya belajar di rumah.

Ketiga, semua sekolah di DKI Jakarta hanya mengizinkan sebagian siswa masuk sekolah. Sementara sisanya akan belajar di rumah dan tak mengikuti KBM tatap muka.


"Kami melakukan ini semua dengan mengikuti kebijakan pemerintah apabila PSBB ini telah dibuka kembali," jelas Nahdiana.

Dia meyampaikan, saat pelaksanaan KBM dimulai, dua bulan pertama masih dalam kategori masa transisi. Dengan demikian dapat mengecek kesiapan pihak sekolah dan orangtua murid dalam memulai tahun ajaran baru di tengah pandemi Covid-19.


Lalu penentuan hari bagi sekolah yang akan melakukan KBM tatap muka juga diperketat dengan membagi tiga siklus saat masa transisi. Pekan pertama dan kedua ketika KBM mulai, sekolah hanya masuk satu hari dan selebihnya para murid belajar di rumah secara bergantian.

Siklus kedua, dua minggu belajar di sekolah dan dua minggu belajar di rumah secara bergantian. Siklus ketiga, peserta didik mulai bergantian masuk sekolah dengan siswa lainnya setiap pekan.


"Sekolah tidak berdiri sendiri. Kami juga perlu memastikan kesiapan sekolah dan guru, baik internal dan lingkungan sekitarnya apakah masih berada di zona merah," tutupnya. [wll]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA