Alasan Habib Bahar Dipindahkan ke Nusakambangan

IN
Oleh inilahcom
Rabu 20 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Habib Bahar Smith dipindahkan dari LP Gunung Sindur ke Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah. Hal ini menyusul adanyab gangguan keamanan dan ketertiban di LP Gunung Sindur, dari massa pendukung Habib Bahar.

"Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat, yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Habib Bahar Bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Klas I Batu Nusakambangan," kata Dirjen Lapas Reynhard Silitongoa kepada wartawan, Rabu (20/5/2020).

Reynhard menyampaikan bahwa Habib Bahar sudah dipindahkan ke Lapas Klas I Batu Nusakambangan pada hari Selasa 19 Mei 2020 malam dengan pengawalan Kepolisian dan pihaknya.

"Yang dalam pelaksanaanya yang bersangkutan diperlakukan dengan baik sesuai SOP," pungkas dia.


Sebelumnya, Bahar yang sempat bebas namun kembali ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Bogor, Selasa (19/5/2020).

Ia dijemput oleh petugas Kementerian Hukum dan HAM serta didampingi petugas dari Polda Jawa Barat.

Adapun Bahar yang divonis tiga tahun penjara itu sempat dinyatakan bebas dan keluar dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong pada Sabtu (16/5/2020) sekitar pukul 15.30 WIB.

Pembebasan itu merujuk pada aturan Permenkumham Nomor 10 Tahun 2020 tentang Program Pembebasan Bersyarat Asimilasi Kementerian Hukum dan HAM terkait Covid-19


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA