Sandiaga Targetkan 15 Ribu Rapid Test Per Hari

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 23 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pihaknya telah menggelar rapid test masal Covid-19 selama satu bulan terakhir. Dalam sebulan, sudah 8.000 warga yang mengikuti test Covid-19 ini.

"Total kita (rapid test) di wisma atlet sudah waktu itu hampir 4 ribu, kita ada empat lokasi lagi, kita secara total kita ada delapan ribu, dalam sebulan sejak 22 April," ucap Sandiaga di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan rapid test Covid-19 ini penting untuk mencegah penularan Covid-19 lebih meluas. Bahkan, menurut Sandi, seharusnya di DKI Jakarta dalam sehari bisa menggelar rapid test Covid-19 sebanyak 15 ribu.

"Masih kurang banget kita harusnya itu jakarta mestinya 10-15ribu perhari itu yang harusnya," jelasnya.

Dengan begitu, Indonesia seharusnya bisa menggelar rapid test 30 ribu sampai 50 ribu per hari. Bila kondisi ini tercapai, maka pelacakan terhadap kasus positif bisa ditekan.

"Kalau se-Indonesia itu 30 - 50 ribu perhari, apalagi Jatim kemarin naik drastis," tuturnya.

Lebih lanjut, Sandi memastikan relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 akan terus bergerak membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Virus Corona.

"Ya kita justru ini saya sama Pak Asnil (Ketua EP Jokowi) ini turun ke bawah ini, begitu kita memiliki kesempatan untuk melakukan test kita harus tingkatkan kapasitas kita. Kemarin di kelurahan Johar Baru, kita juga meningkatkan kemampuan test karena cara kita untuk memetakan wilayah dan melacak pergerakan Covid-19 yaitu dengan testing dan itu yang harus kita dorong, ada tugas pemerintah, tugas relawan, ada tugas juga dari dunia usaha, kita harus berkolaborasi dengan tim medis, kita harus tingkatkan jumlah masyarakat yang tersentuh testing ini," pungkasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA