Majukan UMKM, Pemprov DKI Kembangkan Jakpreneur

IN
Oleh inilahcom
Selasa 26 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Agar warga ibu kota lebih mandiri secara ekonomi.

Program yang dijalankan adalah pengembangan urban farming, dengan salah satu kegiatannya pengembangan budidaya ikan konsumsi dan ikan hias yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Jakpreneur.

Kepala Kesatuan Pelaksana Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian atau KPKP Jakarta Selatan, Kecamatan Pancoran Rigiyanto mengatakan program ikan konsumsi ini sangat membantu masyarakat kelas bawah di Jakarta agar bisa mandiri secara ekonomi.

"Jadi kita memberi bibit kepada masyarakat, tahap awal ini kita berikan bibit ikan lele kepada masyarakat yang ingin melakukan budidaya ikan lele," kata Rigiyanto dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Rigiyanto menambahkan, program ini sudah dilakukan KPKP Jakarta Selatan sejak tahun 2018. Salah satu penerima program bantuan ikan konsumsi dari Sudin KPKP Jakarta Selatan adalah Ilham yang telah mengikuti pelatihan tahun 2019 dan mendapatkan bantuan bibit ikan lele sebanyak 1.500 yang dinamakan 'Rumah Lele'.

"Usaha budidaya ikan konsumsi 'Rumah Lele' yang dikelola oleh Bapak Ilham dan kawan-kawan di RT 06/08 Kelurahan Kalibata telah menjadi peserta Jakpreneur binaan KPKP Kecamatan Pancoran sejak 2019. Telah mengikuti pelatihan wirausaha Jakpreneur dan mendapatkan bantuan bibit lele sebanyak 1500 ekor," paparnya.

Nah, pada hari ini (Selasa, 26/5/2020), lanjut dia, Kelompok 'Rumah Lele' sudah melakukan panen dengan hasil mencapai 50Kg dan harga jual mencapai Rp18.000/Kg, dari masa pembibitan selama 3 bulan.

Sementara itu, Achmad Rezal Plafi yang sebagai pendamping Jakpreneur Sudin KPKP Kecamatan Pancoran menambahkan bahwa sebelum mendapatkan bantuan dari Sudin KPKP Jakarta Selatan, Ilham adalah masyarakat biasa.

"Kita melakukan pendampingan kewirausahan terpadu kepada pak ilham dan membantu memperoleh bantuan bibit ikan dan pemasaran. Sebelumnya Pak Ilham masyarakat biasa yang tidak memiliki usaha. Dengan program Jakpreneur dari Pemprov DKI Jakarta Pak Ilham memiliki usaha budidaya ikan konsumsi (ikan lele)," ucapnya.

Saat ini, kata Rezal, Ilham sudah berhasil menerapkan tata cara budidaya ikan yang baik dan benar, berkat pelatihan yang diberikan oleh KPKP Jakarta Selatan dan yang tak kalah penting bisa menaikkan perekonomian. Bahkan kata dia Ilham saat ini telah mengikuti program budidaya yang lain yakni 'Budikdamber'. "Sekarang Pak Ilham malahan telah mengembangkan budidaya ikan didalam ember atau 'Budikdamber' yang memiliki keterbatasan lahan," pungkasnya. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA