Kapolda Jatim Kunjungi Kampung Tangguh di Sidoarjo

HC
Oleh Happy CH Karundeng
Rabu 27 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Sidoardjo - Kapolda Jatim Irjen Mohammad Fadil Imran bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah melakukan peninjauan langsung ke lokasi-lokasi kampung tangguh yang sudah terbentuk.

Selasa (26/5/2020) malam, kedua pimpinan TNI-Polri di Jatim tersebut mengunjungi Kampung Tangguh di Desa Waru dan Desa Pepelegi, Kecamatan Waru, Sidoarjo.
Kedatangan rombongan disambut Plt. Bupati Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo dan Forkopimka Kecamatan Waru.

Kegiatan diawali dengan peninjauan Kampung Tangguh yang berada di Desa Waru dan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan Kampung Tangguh di Desa Pepelegi. Dalam kunjungannya, Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya sempat berdialog dengan perangkat desa setempat serta para relawan, dan tetap mengacu pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Menurut Kapolda Jatim Irjen Pol. Mohammad Fadil Imran, tujuan dibentuknya Kampung Tangguh di Jawa Timur, sebagai ujung tombak dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 secara terukur dan maksimal.

"Sebab itu, RT dan RW berperan aktif ikut serta dalam percepatan penanganan Covid-19. Langkah ini diharapkan sangat efektif. Masyarakat mempunyai kemampuan, sikap disiplin dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada diwilayahnya. Yang tentunya tetap bersama Forkopimda maupun Forkopimka setempat dalam penanganan Covid-19 ini," jelasnya.

Kapolda Jatim bersama Pangdam V Brawijaya juga mengapresiasi peran serta warga dalam penerapan SOP di posko check point dan posko kampung tangguh di desanya. Seperti dilengkapinya camera CCTV yang terpasang di sudut-sudut jalan desa guna memonitor bila ada warga berkerumun atau keluar rumah, tersedianya sentra pangan beserta gudang penyimpanannya, ruang isolasi warga, serta tersedianya beberapa public addres hingga ambulance.

"Dengan adanya pelaksanaan kampung tangguh diharapkan perangkat desa dan warga dapat membantu percepatan upaya memutus mata rantai Covid-19. Kami juga menghimbau supaya protokol kesehatan juga secara disiplin diterapkan oleh warga," pesan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah.

Sementara dengan mulai berjalannya Kampung Tangguh dalam PSBB tahap tiga di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji optimis penyebaran Covid-19 dapat segera teratasi. Menurutnya, kunci dari keberhasilan kampung tangguh sebagai ujung tombak memutus mata rantai Covid-19 adalah kedisiplinan dari masyarakat juga.

"Dengan pola masyarakat yang harus disiplin, dibantu TNI-Polri beserta perangkat desa maka pelaksanaan PSBB tahap tiga yang menitikberatkan di wilayah desa dan perkampungan dapat berjalan efektif," tegasnya. [hpy]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA