Bantu Percepatan Penangangan Covid-19

BIN Sumbang Alkes Untuk RSUP Persahabatan

IN
Oleh inilahcom
Rabu 27 Mei 2020
share
(Foto : Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Badan Intelijen Negara (BIN) terus melakukan upaya untuk membantu Pemerintah Indonesia dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Salah satu bukti nyata memutus mata rantai ditunjukan BIN dengan memberikan bantuan berupa 2 unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dan alat kesehatan lainnya ke RSUP Persahabatan, Jakarta Timur.

RSUP Persahabatan merupakan salah satu rumah sakit rujukan yang sejak awal menangani pasien corona. Dalam hal ini, BIN juga memberikan catridge PCR sebanyak 2000 unit, alat digital ronsen sebanyak 2 unit dan masker N 95 sebanyak 234 box.

Penyerahan dari Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan itu diberikan dengan diwakili oleh Staf Khusus Kepala BIN, Meyjen TNI Suyanto di RSUP Persahabatan, Selasa 26 Mei 2020.

"Jadi ada catridge PCR sebanyak 2000 unit dan alat PCR sebanyak 2 unit. Selain itu kita juga menyerahkan alat digital ronsen sebanyak 2 unit dan masker N 95 sebanyak 234 box," kata Staf Khusus Kepala BIN, Meyjen TNI Suyanto di RSUP Persahabatan, Selasa (26/5/2020).

Suyanto menyampaikan instruksi Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan, pasalnya pemberian alat kesehatan tersebut diharapkan mampu melakukan pendeteksian secara massal sebagaimana instruksi Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

"Ini sesuai instruksi dari Kepala BIN, selain di RSUP Persahabatan, Kita juga berikan di RS lain juga. Diharapkan tentunya penanganan Covid 19 bisa cepat diselesaikan dan terdeteksi dengan cepat," ujar Suyanto.

Sementara itu, Direktur utama RSUP Persahabatan, dr. Rita Rogayah di kesempatan yang sama mengapresiasi pemberian bantuan dari BIN. Menurutnya, sebelum adanya bantuan ini, pihaknya membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui hasil pemeriksaan pasien Covid-19.

"Seperti kita ketahui kalau pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) itu kalau tidak kita lakukan sendiri dirumah sakit, kita harus menunggu cukup lama," ucap Rita saat menerima bantuan BIN tersebut.

Untuk saat ini, dr. Rita mengungkapkan bahwa, RSUP Persahabatan telah menangani 90 hingga 100 pasien Covid-19. Oleh sebab itu, bantuan itu sangat dibutuhkan dalam rangka penanganan pasien yang cepat.

"Dengan ini, kami bisa melakukan pemeriksaan lansung, tanpa perlu merujuk ke rs lain. Sehingga kami bisa dengan cepat memberikan pelayanan kepada pasien," tutup Rita.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA