Polda Kalsel Modiv Ambulance Jadi Mobil Rapid Test

HC
Oleh Happy CH Karundeng
Kamis 28 Mei 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Banjarmasin - Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta mengatakan Bidang Dokter Kesehatan (Biddokes) Polda Kalimantan Selatan melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19.

"Mereka menyulap unit ambulance menjadi mobil rapid test dan swab test," katanya, Rabu (27/5/2020).

Inovasi itu muncul dari ide dr Bambang Prasetya dan Motivator dari Kabid Dokes Polda Kombes Kombes dr H Erwinn Zainul Hakim.

Kabid Dokes Polda Kombes Kombes dr H Erwinn Zainul Hakim mengatakan Inovasi yang dilakukan oleh Biddokes ini sejalan dengan program dari Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta yang kini konsen bersama stakeholders dalam mencegah penyebaran Covid 19.

"Mobil Rapid dan Swab tes ini awalnya merupakan ambulan milik Bidang Dokter Kesehatan (Biddokes) Polda Kalsel yang kemudian dimodifikasi dengan tentunya tak lepas memenuhi standar protokol kesehatan Covid-19," ungkapnya.

Ia menjelaskan, mobil ini dibuat awalnya terkait maraknya covid 19 dan pihaknya sangat prihatin terhadap tenaga kesehatan yang melakukan screning dan rapid test.

Dimana, pemeriksaan itu beresiko terhadap tenaga kesehatan dan kedua masalah Alat Pelindung Diri (APD) yang terbatas. Akhirnya, inovasi itu muncul.

Mobil Rapid dan Swab Tes ini menghabiskan biaya Rp 3,5 juta namun biaya itu diluar alat air purifer merk shap dan kelistrikan yang ada.

"Untuk proses pembuatan menjadi mobil Rapid dan Swab hanya sekitar tiga hari," bebernya.

Ia lalu menyebutkan keuntungan Mobile Rapid and Swab Test Covid 19 ini. Ia pun meyakni ini aman buat petugas, nyaman buat pasien, bisa door to door, pemakin APD level 1 bisa hemat, karena cukup pakai APD level 2, bisa dilaksanakan semua tenaga kesehatan. [hpy]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA