New Normal, Korlantas Layani Warga Lebih Humanis

IN
Oleh inilahcom
Jumat 29 Mei 2020
share
(Foto : Istimewa)

INILAHCOM, Cikopo - Kakorlantas Polri Irjen Istiono secara marathon meninjau sejumlah pos pengamanan arus balik. Istiono bicara penerapan new normal.

Peninjauan hari ini dilakuan di pos jaga Cikopo, pos check point Patok Besi, Pantura Subang dan check point KM 47 tol Cikampek arah Jakarta. Istiono didampingi Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat Kombed Eddy Djuanaedi bersama dengan Direktur Jasa Raharja Budi Rahardjo.

Istiono menyampaikan Korlantas Polri akan lebih mengedepankan upaya humanis dalam kebijakan pemerintah yaitu new normal atau produktif dan aman dari Covid-19. Salah satunya adalah berkendara lalu lintas. Istiono memastikan anggotanya dilapangan akan melayani warga lebih humanis agar mengikuti aturan pemerintah yaitu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Pemberlakuan new normal nanti kita lalukan penerapan-penerapan, untuk new normal khusus di lalin, misalnya orang mau berlalu lintas semua pengemudi kendaraan baik truk, bus dan kendaraan pribadi harus mematuhi protokol Covid-19, harus menggunakan masker, jaga jarak, sering cuci tangan dan seterusnya, termasuk petugasnya juga menerapkan standart protokol Covid-19," ucap Kakorlantas Polri Irjen Istiono, Jumat (29/5/2020).

Istiono menyampaikan new normal akan jadi budaya baru di tengah-tengah masyarakat selama pandemi Covid-19 belum berakhir. New Normal tak hanya berlaku bagi masyarakat, namun juga petugas dilapangan termasuk anggotanya.

"Nah ini harus sudah membudaya, baik petugasnya maupun komponen masyarakat baik di jalan maupun di centra-centra konsentrasi lalin misalnya di alun-alun, pasar dan tempat parkir," jelasnya.

Soal sanksi dilapangan bila ada warga yang tidak mentaati kebijakan new normal, Istiono memastikan hal itu tidak ada. Sebab, tugas jajaran Polri dibantu TNI ada mendisiplinkan masyarakat melalui himbauan agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19.

"Sanksi mungkin tidak ada, ini hanya untuk membudayakan saja, membudayakan dengan new normal ini, dengan protokol yang harus dipatuhi. Memang tujuannya kan untuk memutus mata rantai penyebaran," ungkapnya.

"Jadi hanya menghimbau secara humanis agar masyarakat lebih disiplin, kita harus sama-sama membantu menguatkan antara perugas dan masyarakat semua bersama-sama memerangi Covid-19, petugasnya tetap berprinsip persuasif dan humanis," sambung dia.

Era New Normal adalah kebijakan dari Presiden Joko Widodo. Jokowi telah meminta jajaran TNI Polri untuk turun ke lapangan di titik-titik keramaian seiring new normal diberlakukan. Tujuannya adalah mendisiplinkan masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti wajib memakai masker, cuci tangan serta menjaga jarak sosial.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA