Ditjen PSP Respons Mentan Back Up Pertanian Maluku

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 30 Mei 2020
share
 

INILAHCOM, Ambon - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan siap mengembangkan sektor pertanian di Provinsi Maluku. Pernyataan Mentan langsung ditindaklanjuti Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) yang telah mengalokasikan kegiatan pertanian di Provinsi Maluku, seperti bantuan Alsintan, irigasi, hingga KUR.

Mentan Syahrul Yasin Limpo tiba di Maluku, Jumat (29/05/2020) malam. Dalam kunjungan kerja ini, Mentan meminta Dirjen PSP Kementerian Pertanian untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian kepada Maluku hingga Rp500 miliar.

"Pak Dirjen PSP, kalau Pak Gubernur mau, kita bisa kasih berapa ratus miliar dari dana KUR. Kita percepat, dan ini juga berlaku untuk Polisi dan TNI, dan akan dikoordinir oleh Gubernur. Kalau untuk Maluku, bisa Rp 500 miliar. Pertanian itu pasti, 100 hari pak. Besok saya akan panggil BRI, BNI, Mandiri , bank penyalur dana KUR. Di beberapa tempat, saya bahkan memonitor hingga di atas Rp 1 triliun. Saya mau percepat ini pak gubernur. Pertanian itu sesuatu barang yang pasti," ungkap Syahrul.

Instruksi ini ditindaklanjuti Dirjen PSP Kementan Sarwo Edhy dengan menggelontorkan sejumlah bantuan untuk pertanian Maluku yang telah dialokasikan pada Tahun Anggaran 2020.Terkait dengan KUR hingga 28 Mei 2020 dilaporkan bahwa total realisasi KUR sektor pertanian telah terserap sejumlah Rp18,3 triliun, sedangkan untuk Provinsi Maluku baru sekitar Rp35 miliar, maka akan dilakukan percepatan penyaluran KUR agar usaha sektor pertanian bisa terus bergulir.

"Sesuai instruksi Menteri Pertanian, kita dari Ditjen PSP memberikan sejumlah bantuan buat pertanian di Provinsi Maluku. Diantaranya penyaluran KUR, yang akan terus didorong percepatan penyalurannya. Selain itu kita juga memberikan bantuan lain dalam usaha meningkatkan produktivitas pertanian dengan sejumlah Alsintan serta RJIT, irigasi perpompaan dan embung," terangnya.

Untuk Provinsi Maluku, Ditjen PSP menyalurkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) berupa 100 unit Pompa Air, dan 22 unit Cultivator. Bantuan alsintan juga diberikan untuk Kabupaten Maluku Tengah, berupa 45 unit pompa air, dan 15 unit Cultivator.

"Selain bantuan alsintan, Ditjen PSP mempunyai alokasi kegiatan lain untuk Provinsi Maluku di tahun 2020 ini, diantaranya Rehabilitasi Jaringan Irigasi di 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Buru 450 Ha, Seram Bagian Barat 100 Ha, Seram Bagian Timur 200 Ha, dan Maluku Tengah 450 Ha," terang Sarwo Edhy lagi.

Selain dalam bentuk jaring pengaman sosial, Jokowi mengatakan, pemerintah juga memberikan stimulus modal kerja dan subsidi bunga kredit. Relaksasi tersebut, menurutnya, diberikan kepada penerima pembiayaan yang didapat melalui sejumlah program seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Membina Keluarga Sejahtera (Mekaar), pembiayaan ultramikro (UMi), pegadaian hingga pembiayaan dan bantuan permodalan dari beberapa kementerian. [*/psp]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA