Veronica Koman Tekankan Siap Ditangkap

IN
Oleh inilahcom
Selasa 02 Juni 2020
share
(Foto: Twitter)

INILAHCOM, Jakarta - Veronica Koman, sampai saat ini masih berada di luar negeri. Wanita yang kerap menyuarakan soal isu Papua ini menyampaikan alasan mengapa ia masih terus bersuara dengan bebas di media sosial tanpa takut ditangkap aparat. Padahal sudah ditetapkan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Veronica Koman menyampaikan hal itu lewat laman akun Twitternya @VeronicaKoman dikutip Selasa, 2 Juni 2020. Dimana, saat seorang netizen menanyakan mengenai mengapa sudah diterpa berbagai hal namun masih bisa bercanda dan tertawa saat berselancar di media sosial.


"Disebut provokator, mau dicabut paspornya, dibekukan rekeningnya, diubek2 beasiswanya, ditetapkan tersangka/DPO, dilaporin ke interpol. Tapi masih bisa ketawa2 dan bercanda di twitter itu gimana caranya kak?," tanya netizen @muhamadaf ke Veronica Koman.

Lalu dibalas Veronica Koman bahwa ia tidak takut dan memang siap ditangkap, karena belajar dari orang Papua.

"Masalahnya gw di sini di rumah doang ga ada yang dateng tangkap, sedangkan gw menolak menyerahkan diri atas kriminalisasi.Gw lebih berguna bagi Papua dari luar penjara, makanya negara pengen sebaliknya," tulis dia.

Veronica Koman diketahui sebagai seorang pengacara dan pegiat hak asasi manusia asal Indonesia yang dikenal akan advokasinya untuk isu-isu pelanggaran HAM di Papua.

Di sisi lain Veronica Koman ditetapkan sebagai tersangka kasus provokasi dan penyebaran berita bohong tentang Papua itu sudah resmi masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polda Jatim. DPO dikeluarkan setelah aktivis HAM itu 2 kali mangkir panggilan pemeriksaan polisi tahun 2019 silam.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA