Pandemi, Ini Cara Bea Cukai Sinergi dan Koordinasi

IN
Oleh inilahcom
Selasa 02 Juni 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Protokol kesehatan yang harus dijalankan di tengah pandemi Covid-19, membuat Bea Cukai di berbagai daerah mengadakan silaturahmi secara virtual dalam merayakan Hari Raya Idulfitri 1441 H. Pertemuan yang diadakan secara nasional maupun kewilayahan tersebut, selain untuk mempererat sinergi, juga ditujukan untuk meningkatkan koordinasi saat pandemi Covid-19.

Di wilayah Kalimantan, Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur mengadakan pertemuan virtual pada Rabu (27/5/2020) bersama dengan Kantor Bea Cukai di wilayah tersebut yaitu, Bea Cukai Balikpapan, Bea Cukai Samarinda, Bea Cukai Bontang, Bea Cukai Sangatta, Bea Cukai Tarakan, dan Bea Cukai Nunukan.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur, Rusman Hadi, mengungkapkan bahwa, "momentum ini diharapkan dapat semakin mempererat kekeluargaan Bea Cukai, khususnya di Kalimantan Timur. Jaga diri, dan jaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini," ungkap Rusman.

Tidak ketinggalan, Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku juga mengadakan pertemuan serupa pada Rabu (27/5/2020) bersama dengan Kantor Bea Cukai Ambon, Bea Cukai Tual, dan Ternate. Kepala Kantor Bea Cukai Wilayah Maluku, Erwin Situmorang menegaskan kepada jajarannya, "setiap pegawai harus terus memperbaiki diri, meningkatkan integritas dan profesionalisme, serta memberikan kinerja terbaik untuk institusi dan bangsa," tegas Erwin.

Tidak hanya kantor pelayanan dan kantor wilayah, pangkalan sarana operasi milik Bea Cukai di Sorong juga ikut dalam pertemuan virtual yang diadakan oleh Kantor Wilayah Bea Cukai Papua pada Selasa (26/5/2020).

Sebelum mengikuti pertemuan, Kepala Pangkalan Bea Cukai Sorong, Gerald Prawira Hasoloan, menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk melakukan aktivitas fisik dan berjemur untuk menghindari Covid-19. Salah satu Kapten kapal patroli BC 9001, Al Titus Leonard Purba juga berkesempatan untuk berbincang dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam acara halal bi halal yang digelar Kementerian Keuangan di hari yang sama.

Masih dalam momentum Hari Raya, pada Kamis (28/05), Bea Cukai Merauke ikut hadir dalam ceramah keagamaan (tausiyah) virtual yang diperuntukkan oleh seluruh kantor Bea Cukai di seluruh Indonesia. Ceramah keagamaan online tersebut diisi oleh KH Abdullah Gymnastiar atau yang lebih akrab disapa Aa Gym.

Dalam ceramahnya, Aa Gym menyampaikan pentingnya manusia memiliki hati yang ikhlas, sabar, dan memperbanyak istighfar dan yakin bahwa Allah selalu bersama kita. Aa Gym juga berpesan agar kita selalu perbanyak bekal ilmu agama, dekat dengan ulama dan orang baik serta dekat dengan orang dhuafa.

Bea Cukai Wilayah Jawa Barat juga turut mengadakan silaturahmi virtual pada 26 dan 27 Mei 2020 terhadap seluruh satuan kerja di lingkungan Jawa Barat. Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution mengungkapkan pesan yang disampaikan oleh Menteri Keuangan kepada jajaran Bea Cukai, "Menteri Keuangan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bea Cukai, bahwa dengan kondisi ini kinerja, integritas, dan dedikasi tidak berkurang. Beliau berpesan agar kita senantiasa berperan aktif dalam memberikan solusi terbaik untuk menghadapi situasi ini," pungkas Saipullah. [*]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA