Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji

Din Syamsuddin: Sebagian dari mereka sangat kecewa

IN
Oleh inilahcom
Kamis 04 Juni 2020
share
Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI), menyarankan pemerintah meyakinkan calon jamaah haji usai mengeluarkan keputusan pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan, Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin. Dikarenakan ada jamaah haji yang merasa kecewa dengan pembatalan yang dituangkan melalui Keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaat Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji pada 1441 Hijriah atau 2020 Masehi.

"Jelaskan secara persuasif, yakinkan kepada para calon jamaah karena tentu sebagian dari mereka sangat kecewa," kata Din, Kamis (4/6/2020).

Meski demikian, Din Syamsuddin mengaku pihaknya sangat memahami keputusan Menteri Agama yang membatalkan keberangkatan jamaah haji tahun ini. Karena bagian dari upaya memutus mata rantai virus corona yang melanda hampir di seluruh negara.

"Karena memang sangat berisiko sehubungan dengan persebaran pandemi COVID-19 yang masih tinggi," tandasnya.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah ini, juga meminta bunga dari setoran calon jamaah disimpan di bank konvensional minimal satu tahun ini untuk diberikan kepada pemiliknya.

"Mereka sangat membutuhkannya, apalagi di tengah pandemi COVID-19," ucapnya. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA