Relawan Gelar Rapid Test di Terminal Kp. Rambutan

IN
Oleh inilahcom
Kamis 04 Juni 2020
share
Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 - (Foto : Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 kembali menggelar kegiatan rapid test massal. Kali ini kegiatan digelar di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (4/6/2020).

Dalam kegiatan ini, Sandiaga Uno selaku Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 turut hadir untuk mengecek kegiatan rapid test massal.

Selain Sandiaga, juga hadir aparat kepolisian, TNI, BIN, Satpol PP, dan pihak Terminal Kampung Rambutan. Adapun sasaran dari rapid test ini adalah para petugas kebersihan, sopir angkutan umum, dan warga sekitar.

Dalam rapid test ini, Relawan menyediakan 1.000 alat testing rapid serta 1 mobil lab untuk PCR test atau swab test.

"Hari ini atas kerja sama instansi dan aparat, relawan Indonesia bersatu lawan Covid-19 menggelar rapid test di terminal kampung rambutan. Kami akan melakukan tes kepada 1000 warga dan para petugas yang ada di terminal kampung rambutan," ucap Sandiaga di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis (4/6/2020).

Sandi mengatakan digelarnya rapid test Covid-19 di Terminal Rambutan karena terminal ini merupakan titik bergeraknya oranv dari dalam maupun dari luar daerah. Oleh karena itu, pentinf untuk melakukan test Covid-19 agar mencegah penularan Covid-19.

"Terminal ini juga merupakan garda terdepan karena di sini merupakan salah satu gerbang utama masuknya ke provinsi DKI Jakarta," ujarnya.

Sandi menjelaskan penting untuk terus meningkatkan 3T (Testing, Tracking dan Treating), sehingga masyarakat pun tidak was-was akan penyakit Virus Corona ini. Sementara bagi yang reaktif maka akan segera di test melalui swab test untuk memastikan positif atau tidaknya terjangkit Covid-19.

"Jadi masyarakat yang masuk di sini yang non reaktif atau yang negatif juga bisa dapat layaanan dari puskesmas untuk penyakit lain non Covid-19. Sementara yang reakrif bisa segera dirujuk ke rumah sakit untuk lakukan treating dan tracing," tuturnya.

Sebelumnya, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 juga telah menggelar rapid test masal Covid-19 di sejumlah wilayah di DKI Jakarta serta beberapa kota lainnya. Selain menggelar rapid test, Relawan juga kerap membagikan sembako untuk membantu perekonomian warga yang terdampak Covid-19.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA