Rute Baru Selundupi Narkoba Gelombang Ombak Tinggi

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 06 Juni 2020
share
Badan Reserse Kriminal Polri mengungkap sabu seberat 402 Kilogram di Sukabumi, Jawa Barat - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Jalur Laut Pantai Selatan, digunakan pelaku penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 402 Kilogram di Sukabumi, Jawa Barat.

Alasan mereka memilih jalur Laut Pantai Selatan karena minim penjagaan sekaligus merupakan rute baru dalam upaya penyelundupan narkoba.

"Nah ini kan jalur baru ya, pelabuhan ratu ini, biasanya itu tipe smart link. Pemberangkatan dari Indonesia melalui Pelabuhan Ratu biasanya lewat situ," kata Kasatgassus MP, Brigadir Jenderal Polisi Ferdy Sambo, Jumat (5/6/2020).

Tak hanya demikian, namun jalur yang dipilih para pelaku juga sejatinya santer dengan gelombang ombak tinggi. Hal ini, kemudian dianggap sebagai salah satu alasan guna menghindari pemantauan polisi.

"Memang karena ombaknya tinggi sehingga pengawasan disitu agak kurang. Panjang pantainya itu kan panjang banget itu yang Pantai Selatan. Itu yang diambil oleh mereka untuk memasukkan barang karena kemarin kan di Serang itu memang lebih landai itu ya," ucap dia.

Saat ini kasus tersebut masih dalam pengembangan. Diduga ada sosok di luar Tanah Air yang berperan dalam jaringan internasional ini.

"Kita mau cari sekarang penghubungnya, yang menghubungkan orang ini sama jaringan Internasional," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Polri kembali mengungkap kasus narkoba di tengah pandemi Covid-19. Kali ini, Polri mengungkap kasus narkoba dengan barang bukti sabu seberat 402 kilogram di Sukabumi, Jawa Barat.

Berawal dari Tim Khusus Satuan Tugas Khusus Polri Merah Putih mendapat informasi ada transaksi narkoba jenis sabu dari Iran dengan metode ship to ship di tengah Laut Samudera Hindia.

Setelah itu dibuntuti dua orang kru kapal di Pelabuhan Ratu dan diamankan sabu seberat 2 Kg. Saat dikembangkan tiga orang kembali ditangkap. Lalu digeledah sebuah rumah kosong di Villa Taman Anggrek, Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat.

Total barang bukti sabu yang berhasil disita seberat 402 Kg. Enam orang yang ditangkap adalah BK, I, S, NH, R dan YF. Keenamnya dikenakan Pasal 114 AYAT (2) subsider Pasal 112 ayat (2) UU Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA