Soal Tilang Pelanggar Gage Roda Dua

IN
Oleh inilahcom
Minggu 07 Juni 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Penilangan terhadap pelanggaran sistem ganjil-genap (gage) bagi kendaraan roda dua, belum dapat diberlakukan sebelum ada rambu-rambu yang dipasang.

Hal itu disampaikan, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

"Kalau mau ditilang mesti ada aturan lalu lintas berupa rambu-rambu, harus dipasang, kalau enggak dipasang rambunya berarti sanksi tegurannya PSBB," kata Sambodo, Sabtu (6/6/2020).

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda sudah menerbitkan Pergub Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

Pergub ini juga mengatur pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil-genap untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Pada Pasal 18 juga diatur kendaraan roda dua dan roda empat bernomor ganjil hanya bisa melintas di ruas jalan pada tanggal ganjil. Sedangkan kendaraan roda dua dan roda empat bernomor genap hanya bisa melintas di ruas jalan pada tanggal genap.


Meski demikian, kata Sambodo, pihaknya masih menunggu adanya keputusan gubernur terkait sistem ganjil-genap kendaraan roda dua.

"Sejauh ini kan belum ada sehingga kita belum tahu ruas dan jalan mana saja yang akan diterapkan ganjil genap sepeda motor," tandasnya. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA