Gelar Tasyakur Hasanah, BNI Syariah Tumbuh 25%

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 20 Juni 2020
share
Jajaran direksi BNI Syariah memperingati milad ke-10 bertajuk Tasyakur Hasanah secara virtual, Jakarta, Jumat (19/6/2020).

INILAHCOM, Jakarta - BNI Syariah menyelenggarakan puncak milad ke-10 bertajuk Tasyakur Hasanah secara virtual. Milad diadakan saat New Normal, berformat webinar yang cukup menarik.

Beberapa rangkaian acara diantaranya Seremoni Tasyakur Hasanah Milad ke-10 BNI Syariah; Kajian Singkat KH Abdullah Gymnastiar; launching buku Hasanah Perjalanan Kebaikan cerita 10 tahun BNI Syariah, launching produk dan aplikasi Hasanahku, Smart Shodaqoh, Hasanah Online, dan Hasanah Employee App (Hey).

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo berharap, perayaan Tasyakur Hasanah secara virtual ini, semaraknya tidak hanya dirasakan oleh insan hasanah di seluruh Indonesia saja, namun disaksikan seluruh mitra dan kalangan media. "Alhamdulillah dalam satu dekade ini, BNI Syariah mampu memberikan perbaikan dalam seluruh aspek baik spiritual, bisnis, maupun layanan. Hal ini pada akhirnya yang akan membawa peluang-peluang baru dan manfaat yang optimal bagi segenap stakeholder dan shareholder BNI Syariah," kata Firman, Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Menurut Firman, April 2000 menjadi penanda lahirnya bayi kecil bernama Unit Usaha Syariah (UUS) BNI, cikal bakal BNI Syariah sebagai salah satu pemain besar di perbankan syariah di Indonesia. UUS BNI membuka 5 cabang pertamanya pada 29 April 2000.

Selanjutnya, UUS BNI terus mengepakkan sayapnya, hingga pada 2010 memutuskan untuk memisahkan diri. Bank BNI Syariah pun terus melaju sebagai bank syariah pilihan masyarakat yang unggul dalam layanan dan kinerja. BNI Syariah menonjolkan value hasanah yang memiliki makna "segala kebaikan" bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan negara baik di dunia maupun di akhirat (QS. Al Baqarah : 201).

Dalam satu dekade, lanjutnya, BNI Syariah terus bertumbuh. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pertumbuhan dari sisi aset, laba, pembiayaan, dan DPK. Diawali dengan aset Rp6,3 triliun pada 2010, bertumbuh menjadi Rp49,9 triliun pada 2019.

Pertumbuhan laba perusahaan yang semula berada pada posisi Rp37 miliar pada 2010, tumbuh menjadi Rp603 miliar pada 2019. Dari sisi pembiayaan, pada 2010, penyaluran pembiayaan sebesar Rp3,5 triliun meningkat menjadi Rp32,6 triliun pada 2019. Sedangkan, penghimpunan dana pada 2010 sebesar Rp5,2 triliun, tumbuh menjadi Rp43,8 triliun pada 2019. "Secara sustain, BNI Syariah mencatat kinerja positif dengan pertumbuhan rata-rata di atas 25%," ungkapnya.

Kinerja BNI Syariah selama 10 tahun ini, kata dia, didukung oleh keunggulan dan inovasi produk dan layanan BNI Syariah diantaranya Tabungan dengan Akad Wadiah; Tabungan BNI iB Baitullah Hasanah; Wakaf Hasanah; Hasanah Online; BNI iB Hasanah Card; Hasanahku; BNI Griya Swakarya iB Hasanah.

Layanan Hasanah BNI Syariah semakin lengkap dengan adanya himbauan sholat tepat waktu, penghapusan denda keterlambatan, dan diberlakukannya tunjangan bagi pegawai yang hafizh Al-Quran.

Sebagai wujud value Hasanah yang diangkat oleh BNI Syariah, secara konsisten dan berkelanjutan BNI Syariah memberikan kontribusi bagi peningkatan pendidikan, kesejahteraan dan ekonomi umat melalui berbagai kegiatan sosial bekerja sama dengan Yayasan Hasanah Titik diantaranya Direksi Mengajar, Benteng Hasanah di Batas Negeri, Tetanggaku Hasanahku, Infaq Beras untuk Umat (IBU), dan program Santunan 1000 Ojol.

Saat ini, BNI Syariah tercatat telah naik kelas ke Buku III, setelah pemegang saham melakukan setoran modal inbreng sebesar Rp255 miliar dan BNI Syariah mencetak laba bersih Rp214,01 miliar pada triwulan I-2020, naik 58% dibandingkan periode sama 2019 sebesar Rp135,35 miliar.

Acara Tasyakur Hasanah diisi oleh rangkaian kegiatan diantaranya Seremoni Tasyakur Hasanah Milad ke-10 BNI Syariah; Kajian Singkat KH. Abdullah Gymnastiar; launching buku Hasanah Perjalanan Kebaikan Cerita 10 tahun BNI Syariah, serta grand launching Hasanahku, Smart Shodaqoh, Hasanah Online, dan Hasanah Employee App (Hey). [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA