Penuhi Janji, Erick Tunjuk Fajrin Jadi Bos Telkom

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 20 Juni 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Daftar anak milenial masuk jajaran direksi perusahaan pelat merah bertambah, setelah Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Muhammad Fajrin Rasyid masuk Telkom.

Kali ini, Menteri Erick menunjuk Fajrin yang kondang sebagai salah satu pendiri Bukalapak, menjabat Direktur Digital Business PT Telkom (Persero), Tbk. Artinya, janji sang menteri untuk membuka kesempatan anak muda berprestasi mengabdi di BUMN, bukan omong doang.

Erick menilai, Fajrin cocok memimpin pengembangan bisnis digital PT Telekomunikasi Indonesia (Persero/Telkom), Tbk. "Fajrin merupakan figur anak muda yang sudah teruji kiprah dan karyanya di bisnis digital. Dengan rekam jejak dan pengalaman meski masih berusia muda, Fajrin adalah figur yang tepat untuk memimpin pengembangan bisnis digital Telkom," ujar Erick di Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Telkom, lanjut dia, harus mengubah dan memperkuat strategi bisnisnya terutama di era pasca COVID-19 terutama dalam memperkuat bisnis Telkom. "Dengan tantangan yang semakin besar, semua jajaran direksi Telkom yang baru memiliki indikator kerja utama atau KPI yang terukur. Saya sudah sampaikan pada mereka bahwa harus siap dicopot bila tidak memenuhi target-targetnya," katanya.

Informasi saja, Fajrin merupakan salah satu Co-Founder, sekaligus Presiden Bukalapak yang saat ini menjelma menjadi perusahaan rintisan yang nilai asetnya di atas US$ 1miliar alias unicorn. Dalam RUPST Telkom yang digelar Jumat (19/6/2020), dia dipercaya menjabat Direktur Digital Business Telkom.

Selanjutnya, Fajrin menyerahkan tugas dan tanggung jawab fungsional harian sebagai Presiden Bukalapak kepada para Dewan Direksi dan Manajemen Bukalapak. Dalam RUPST juga menyetujui perubahan Susunan Pengurus Dewan Komisaris dan Dewan Direksi Perseroan.

Adapun susunan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi hasil RUPST Tahun Buku 2019, yakni Rhenald Kasali sebagai Komisaris Utama. Di posisi Komisaris, yakni Rizal Mallarangeng, Alex Denni, Ismail, dan Marcelino Pandin. Sementara Komisaris Independen, yakni Marsudi Wahyu Kisworo, Ahmad Fikri Assegaf, Wawan Irawan, dan Chandra Arie Setiawan.

Untuk susunan Direksi, yakni Ririek Adriansyah sebagai Direktur Utama, Heri Supriadi sebagai Direktur Keuangan, FM Venusiana sebagai Direktur Consumer Service, Herlan Wijanarko sebagai Direktur Network & IT Solution. Selanjutnya, Muhammad Fajrin Rasyid sebagai Direktur Digital Business, Budi Setiawan Wijaya sebagai Direktur Strategic Portfolio, Dian Rachmawan sebagai Direktur Wholesale & International Service, Afriwandi sebagai Direktur Human Capital Management, dan Edi Witjara sebagai Direktur Enterprise & Business Service. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA