Teddy PKIP: Mau jungkir balik semua udah tau

IN
Oleh inilahcom
Kamis 25 Juni 2020
share
Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Teddy Gusnaidi

INILAHCOM, Jakarta - Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Teddy Gusnaidi, mengatakan ada yang berusaha tampil seperti seorang Pancasilais bakal sia-sia.

Pasalnya, publik sudah tahu dari sebelumnya bahwa mereka tidak sepakat dengan eksistensi Pancasila. Meski demikian Teddy tidak menyampaikan siapa kelompok yang dituju.

"Mau jungkir balik berakting mendukung Pancasila, semuanya juga udah tau, mereka anti Pancasila dari dulu. Saran gue, kalau mau cari figuran, cek dulu.., jangan cuma asal murah," cuit akun Twitter @TeddyGusnaidi, dikutip Kamis (25/6/2020).


Diketahui Rancangan Undang-undang ( RUU) Haluan Ideologi Pancasila belakangan tengah menjadi pembicaraan. Mengingat, draf RUU tersebut memuat klausul Trisila dan Ekasila di dalam salah satu pasalnya.
Dilansir dari draf RUU, konsep Trisila dan Ekasila tertuang dalam Pasal 7.

Pasal tersebut memuat tiga ayat. Adapun ayat 1 menyebutkan ciri pokok Pancasila adalah keadilan dan kesejahteraan sosial dengan semangat kekeluargaan yang merupakan perpaduan prinsip ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kerakyatan/demokrasi politik dan ekonomi dalam satu kesatuan.

Ayat 2, ciri pokok Pancasila berupa Trisila, yaitu sosio-nasionalisme, sosio-demokrasi, serta ketuhanan yang berkebudayaan. Ayat 3, Trisila sebagaimana dimaksud pada Ayat (2) terkristailisasi dalam Ekasila, yaitu gotong-royong.


Sementara itu, pemerintah memutuskan untuk menunda pembahasan RUU HIP. Lalu tidak mengirimkan surat presiden (surpres) kepada DPR guna membahas RUU itu. Kemudian meminta DPR, sebagai pengusul RUU HIP, untuk lebih banyak menyerap aspirasi masyarakat.

Meski sudah ditunda, Persaudaraan Alumni (PA) 212 dan ormas Islam lainnya melakukan aksi unjuk rasa menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) depan gedung MPR/DPR RI.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA