https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   26 June 2020 - 21:14 wib

Dewas KPK Segera Panggil Ketua KPK Soal Helikopter

INILAHCOM, Jakarta - Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menindaklanjuti aduan terkait gaya hidup mewah Ketua KPK Firli Bahuri. Salah satunya yang bikin ramai, adalah soal Firli menumpangi helikopter swasta di Sumatera Selatan minggu lalu.
 
"Karena yang diadukan adalah Ketua KPK, tentu pihak yang diadukan juga akan diklarifikasi oleh Dewas," kata Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean dalam keterangan tertulis.

Tumpak mengapresiasi perhatian publik yang tinggi terhadap KPK. Sebab dengan bantuan monitoring dari masyarakat, kerja-kerja KPK akan terukur dan berada pada standar tinggi.

"Terima kasih atas perhatian dari masyarakat untuk terus menjaga KPK agar senantiasa bergerak di relnya," ujar Tumpak.

Desakan pemeriksaan etik pada Firli datang dari pegiat antikorupsi. Asal usul pemberian fasilitas helikopter saat Firli melakukan kunjungan juga diharapkan mendapat sorotan dari Dewas KPK.

Firli dilaporkan ke Dewas KPK terkait penggunaan helikopter mewah untuk perjalanan dari Palembang ke Baturaja, Sumatra Selatan, Sabtu, 20 Juni 2020. Perjalanan Firli ke Baturaja untuk ziarah makam orang tua.
 
Koordinator MAKI sekaligus pelapor Boyamin Saiman mengatakan Firli naik helikopter jenis Helimousine President Air yang pernah juga digunakan motivator Tung Desem Waringin. Helikopter tersebut milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO.
 
Boyamin mengklaim jarak tempuh dari Palembang ke Baturaja hanya membutuhkan waktu empat jam menggunakan mobil. Penggunaan helikopter, kata dia, bertentangan dengan kode etik pimpinan KPK. [adc]

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan