Ada Yang Mulai Tidak Nyaman Dengan Sikap PKS

IN
Oleh inilahcom
Minggu 28 Juni 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid mengklaim ada yang mulai tidak nyaman dengan sikap Fraksi PKS di DPR RI.

Hal tersebut dapat ditelisik beredar surat dukungan terhadap RUU HIP atau Haluan Ideologi Pancasila memuat tanda tangan PKS. Belakangan draf RUU HIP yang memuat tanda tangan PKS di media sosial itu dinyatakan hoaks.

"Belakangan ada yg nggak nyaman dg sikap FPKS yg (bersama FPD) tidak tandatangani RUU HIP&akhirnya TOLAK RUU HIP. Mrk pelintir fakta. Malah ada yg tega palsukan tandatangan FPKS. Pdhl dokumen aslinya lengkap. Maka wajar, kalau Kominfo mudah temukan bukti pemalsuan tandatangan itu," tulis akun Twitter @hnurwahid, dikutip Minggu (28/6/2020).

Diketahui Fraksi PKS di DPR, sudah secara tegas menyuarakan penolakan terhadap rancangan undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Rancangan Undang-undang ( RUU) Haluan Ideologi Pancasila belakangan tengah menjadi pembicaraan. Mengingat, draf RUU tersebut memuat klausul Trisila dan Ekasila di dalam salah satu pasalnya.

Dilansir dari draf RUU, konsep Trisila dan Ekasila tertuang dalam Pasal 7.

Pasal tersebut memuat tiga ayat. Adapun ayat 1 menyebutkan ciri pokok Pancasila adalah keadilan dan kesejahteraan sosial dengan semangat kekeluargaan yang merupakan perpaduan prinsip ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kerakyatan/demokrasi politik dan ekonomi dalam satu kesatuan.

Ayat 2, ciri pokok Pancasila berupa Trisila, yaitu sosio-nasionalisme, sosio-demokrasi, serta ketuhanan yang berkebudayaan. Ayat 3, Trisila sebagaimana dimaksud pada Ayat (2) terkristailisasi dalam Ekasila, yaitu gotong-royong.


Sementara itu, pemerintah memutuskan untuk menunda pembahasan RUU HIP. Tidak mengirimkan surat presiden (surpres) kepada DPR guna membahas RUU itu. Meminta DPR, sebagai pengusul RUU HIP, untuk lebih banyak menyerap aspirasi masyarakat.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA