Terkait Penyerangan ke Kelompok Nus Kei

Empat Anak Buah John Kei Kantongi Senpi Ilegal

HC
Oleh Happy CH Karundeng
Senin 29 Juni 2020
share
 

INILAHCOM,Jakarta - Wakil Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, dari total 39 anak buah John Kei yang diamankan dalam kasus dugaan pemufakatan jahat, pembunuhan berencana, penganiayaan dan pengerusakan, ada total empat orang yang mengantongi senpi ilegal. Mereka adalah WL, AY, T dan ML.

"Satu pelaku yang menyerahkan diri di depok itu pelaku di kosambi dengan melakukan 6 orang lainnya kemudian 3 pelakunya, 2 di wilayah Jakarta timur, dan satu diserahkan di subdit resmob," katanya di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/6/2020).

Calvijn menjelaskan, kedua tersangka pertama WL dan AY ikut di tempat kejadian perkara (TKP) penyerangan kedua dan TKP Perumahan Green Lake, Tangerang Kota. Mereka ada di dalam mobil Toyota Calya warna putih.

"Pemilik senpi yang dimiliki oleh WL dan satu lagi dimiliki oleh Ay dua pelaku ini merupakan orang-orang yang ada di mobil Calya putih, pada saat itu terakhir keluar dari perumahan. Jadi di kosambi ada satu dipersiapkan satu kendaraan untuk eksekusi dan untuk di tkp perumahan itu ada 5 kendaraan," paparnya.

Kemudian berkembang, lanjut Calvijn, pelaku kepemilikan senjata api tadi sudah disebutkan bahwa satu pelaku diamankan dengan kepemilikan airsoftgun dengan tersangka atas nama T dan satu lagi atas nama ML terkait dengan bareta.

Seperti diketahui, Penangkapan terhadap kelompok John Kei terkait dengan perusakan rumah di Cipondoh Tangerang dan penganiayaan yang menewaskan Yustus Corwing Key (46) di kawasan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.
Para tersangka ini diganjar, John Kei dan 29 anak buahnya disangkakan Pasal 340 KUHP, Pasal 169 KUHP, Pasal 170 KUHP, Pasal 351 KUHP, serta Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951. [hpy]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA