Pasca Pidato Jokowi, Netizen: Reshuffle Menteri

IN
Oleh inilahcom
Rabu 01 Juli 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pasca video pidato Presiden Jokowi di akun Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (28/6/2020), netizen pun ikut ramai membahas reshuffle kabinet. Dalam pidato pembukaan sidang kabinet tersebut, Presiden Jokowi menyoroti kinerja para menterinya. Presiden menilai beberapa menteri tidak memiliki sense of crisis di tengah situasi pandemi corona dan mengancam akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet.

"Langkah extraordinary betul-betul harus kita lakukan. Dan saya membuka yang namanya entah langkah politik, entah langkah kepemerintahan. Akan saya buka. Langkah apapun yang extraordinary akan saya lakukan. Untuk 267 juta rakyat kita. Untuk negara. Bisa saja membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle," kata Jokowi.

Pernyataan keras dan ancaman reshuffle ini sontak membuat gempar media sosial. Netizen langsung berbondong-bondong membagikan cuitan tentang menteri apa saja yang harus segera diganti oleh Presiden. Salah satu yang santer disorot adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Hanya berselang satu hari setelah video pidato Presiden tersebar, nama Erick Thohir pun viral di Twitter. Banyak warganet yang mencuitkan desakan agar Erick di-reshuffle dengan menyertakan tagar #erickout. Seperti cuitan dari akun Twitter @kotakenangan021 yang menulis "Demi Kesejahteraan 267 Juta Rakyat Indonesia Pak Presiden @jokowi Ganti saja @KemenBUMN @erickthohir Rakyat dukung #erickout".

Akun lain, @cak_kamaluddin ikut mendesak pencopotan Erick dengan melayangkan kritik tentang maraknya KKN dan rangkap jabatan di sejumlah BUMN selama dipimpin Erick. "Saya tau sekarang kenapa banyak pengangguran di indonesia soalnya banyak komisaris BUMN yg rangkap jabatan,, naa siapa menteri BUMN?? Erick tohir, cocok kalau erick out kalau jokowi melakukan evaluasi menteri," tulisnya.

Selain isu rangkap jabatan, sejumlah netizen juga terpantau membagikan cuitan tentang dugaan KKN seperti yang diunggah oleh akun @OgiePart "Revolusi mental yg di gagas @jokowi gagal total di tangan @erickthohir. Yang hadir malah KKN, rangkap jabatan di sejumlah perusahaan BUMN serta oligarki yang menguasai. Ipar Menteri, Jubir Kepresidenan hingga Perwira Aktif Jadi Komisaris BUMN #erickout #jagajokowi," tulisnya.

Sementara akun @bapor98 menyoroti kebijakan Erick tentang penempatan perwira aktif di BUMN. "Pak @jokowi apa mungkin yah.. rumor diluar kalo Menteri BUMN bpk bangkitkan Dwi Fungsi Abri sbg barter agar kasus perusahaan sodaranya yg lg d bidik aparat hukum di peti es kan? #erickout".

Beberapa isu lain yang menjadi sorotan Netizen adalah tentang janji untuk mengangkat pejabat BUMN dari kalangan milenial dan profesional yang tidak ditepati, tingginya harga BBM dan tarif listrik selama pandemi, serta hutang BUMN. Selain itu, Netizen juga mendesak agar kinerja Erick sebagai menteri segera dievaluasi lantaran bangkrutnya puluhan BUMN besar. Hal ini dicuitkan oleh akun @sudutlapangan dengan melampirkan tautan berita tentang puluhan BUMN besar yang terancam bangkrut. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA