Terdakwa Penyerang Novel Harus Dihukum Berat

IN
Oleh inilahcom
Kamis 02 Juli 2020
share
Penyidik KPK Novel Baswedan

INILAHCOM, Jakarta - Dua terdakwa penyiram air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette dan Rony Bugis, harus dihukum berat.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia Petrus Selestinus. Petrus yang juga advokat Peradi ini, menekankan sangat tidak pada tempatnya Terdakwa dituntut dengan Dakwaan Subsider pasal 353 ayat (2) KUHP jo. pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dengan dalil Dakwaan Primer tidak terpenuhi.

"Ini jelas merupakan kesimpulan sesat karena JPU mengingkari fakta-fakta materil yang JPU sendiri akui keberadaan dan kebenarannya, dan oleh karena itu Jaksa Agung harus mempertanggungjawabkan peruatan JPU kepada publik," kata Petrus, Kamis (2/7/2020).


Dalam pertimbangannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menilai hal yang memberatkan bagi kedua terdakwa adalah mencedarai institusi Polri, namun JPU tidak mempertimbangkan bahwa akibat perbuatan Terdakwa telah menimbulkan trauma bagi seluruh Penegak Hukum termasuk JPU dalam menjalankan tugas sebagai Penegak Hikum yang sewaktu-waktu bisa saja menjadi korban akibat pencari keadilan sakit hati.


Kemudian, JPU dianggap tidak mempertimbangkan begitu lamanya Terdakwa tidak menyerahkan diri sehingga membuat saling tuding diantara kelompok masyarakat tentang siapa dibalik peristiwa penyiraman ini.

"Oleh karena itu harapan untuk keadilan bagi Novel Baswedan dan rasa keadilan publik, terletak pada nurani Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini. Majelis Hakim diharapkan tidak terjebak pada cara berpikir sesat dan keseimpulan JPU yang kontradiktif dimana di satu pihak membenarkan adanya penganiayaan berat yang direncanakan matang karena dendam dan ingin menyakiti Novel sebagai suatu pelajaran, tetapi JPU mengingkari fakta-fakta yang sudah divalidasi dan diyakini JPU sebagai penganiayaan berat dan direncanakan terlebih dahulu," pungkasnya.

Diketahui dua terdakwa penyiram air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette dan Rony Bugis, telah dituntut hukuman 1 tahun penjara, oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada tanggal 11 Juni 2020.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA